Asuransi memberikan perlindungan tak hanya pada tubuh, jiwa, kendaraan hingga properti yang dimiliki, tetapi juga proteksi pada bisnis. Dengan asuransi, risiko terhadap sejumlah aset dan sumber daya yang menjadi bagian bisnis ke berbagai bidang dapat teratasi. Asuransi Asei merupakan salah satu perusahaan asuransi yang benar-benar berfokus pada perlindungan bisnis. 
 
Asei menyediakan perlindungan mulai dari bisnis ekspor-impor, konstruksi, dan perlindungan terhadap karyawan perusahaan.
 
Buat lebih jelasnya mengenai produk asuransi Asei, mari simak dalam pemaparan berikut ini:
 
Beragam Produk Asuransi Asei

Asuransi Asei terdapat tujuh produk asuransi umum yang dibedakan berdasarkan fungsi utamanya. Produk-produk tersebut terdiri dari:
 
1. Asuransi Ekspor
 
Berdasarkan jenisnya, asuransi ekspor dibagi menjadi dua macam, yaitu:
 
Export Credit Insurance, atau biasa disebut dengan Asuransi Kredit Ekspor yang berfungsi untuk memberikan ganti rugi kepada eksportir yang tidak menerima pelunasan pembayaran dari importir yang bersangkutan. Pada produk asuransi ini, asuransi Asei membantu ganti rugi sebesar 85 persen, ditanggung oleh eksportir itu sendiri.
 
Ekspor Bill Insurance, atau biasa disebut dengan Asuransi Pembiayaan Tagihan Ekspor yang menguntungkan pihak Bank dalam bernegosiasi tagihan ekspor kepada pihak nasabah eksportir.
 
Terdapat dua risiko yang ditanggung oleh asuransi ekspor ini. Risiko tersebut berupa risiko komersial (kebangkrutan, ketidakmampuan untuk membayar, dan untuk menerima barang ekspor) dan risiko politik (pelarangan transfer barang ekspor, pembatasan kuota impor, atau izin usaha impor, tindakan permusuhan).
 
2. Asuransi Kredit Perdagangan
 
Produk ini memberikan ganti rugi kepada penjual usaha dagang yang disebabkan oleh tidak ada penerimaan piutang atau tagihan, baik secara keseluruhan atau keseluruhan dari pihak pembeli domestik. Biasanya kerugian ini disebabkan oleh faktor risiko komersial.
 
3. Asuransi Kredit dan Penjaminan Kredit
Jenis asuransi ini dibagi menjadi dua macam, yaitu:
 
Asuransi Kredit, pada produk asuransi ini, pihak asuransi Asei berfungsi untuk memberikan pertanggungan kepada lembaga bank atau lembaga non-bank.
 
Pihak asuransi akan melindungi risiko kegagalan debitur untuk melakukan pelunasan fasilitas kredit atau kredit tunai (cash loan) kepada lembaga terkait.
 
Asuransi ini juga dibagi menjadi Delapan macam, yaitu:
 
- Asuransi Kredit Modal Kerja (KMK) Transaksional
- Asuransi KMK Umum Revolving/Rekening Quran
- Asuransi KMK Umum Aplofend
- Asuransi Kredit Investasi/Project Financing
- Asuransi Kredit Mikro pola yang dilaksanakan kepada Lembaga Keuangan
- Asuransi Kredit Mikro pola channeling
- Asuransi Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E)
- Asuransi Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
 
Penjaminan Kredit, bekerja untuk memberikan jaminan kepada bank dari risiko kegagalan pelunasan oleh debitur terhadap kredit nontunai (pinjaman nontunai) yang diberikan oleh bank. Pada jenis asuransi ini, Asei akan memberikan ganti rugi 100 persen kepada pihak bank terkait.
 
4. Asuransi Pembiayaan
 
Disebut juga sebagai Asuransi Pembiayaan Tagihan Domestik, produk asuransi ini memberikan perlindungan terhadap risiko komersial. Risiko ini berupa kerugian dari transaksi pengambilalihan domestik tagihan suatu nasabah yang telah mendapatkan batas tagihan transaksi domestik.
 
Pada produk ini, asuransi Asei memberikan jaminan ganti rugi sebesar 85 persen dan tidak termasuk bunga atau denda yang dimiliki oleh nasabah.
 
5. Asuransi Umum
 
Jenis asuransi ini merupakan pelengkap dari produk asuransi yang tersedia oleh asuransi Asei sebagai perlindungan yang lebih optimal dalam menjalankan usaha atau transaksi kredit. Ada tujuh macam asuransi umum dari Asei yang terdiri dari:
 
- Asuransi Harta Benda (Asuransi Properti)
- Asuransi Rekayasa (Asuransi Teknik)
- Asuransi Pengangkutan Barang (Marine Cargo Insurance)
- Asuransi Rangka Kapal (Asuransi Lambung Kapal)
- Asuransi Aneka (Asuransi Umum/Miscellaneous)
- Asuransi Penerbangan (Asuransi Penerbangan)
- Asuransi Minyak Bumi dan Gas Bumi (Asuransi Minyak dan Gas Bumi)
 
6. Asuransi Syariah
 
Berdasarkan asuransi yang ditawarkan syariah di Indonesia, praktik asuransi syariah di lingkup perusahaan asuransi Asei yang ditawarkan langsung oleh DPS (Dewan Pengawas Syariah). Pada produk asuransi syariah ini, ada sembilan macam asuransi yang dilindungi berbasis syariah, yaitu:
 
- Asuransi Harta Benda Syariah
- Asuransi Rekayasa Syariah
- Asuransi Pengangkutan Barang Syariah
- Asuransi Rangka Kapal Syariah
- Asuransi Aneka Syariah
- Asuransi Uang Syariah
- Asuransi Kecelakaan Diri Syariah
- Asuransi Kebongkaran Syariah
- Asuransi Kecelakaan Diri Plus Syariah.
 
7. Jaminan
 
Produk ini merupakan surat perjanjian khusus antara Asuransi Asei dengan Penerima Pekerjaan (Principal) sebagai bentuk jaminan kepada pihak Pemilik Proyek atau Obligee. Isi surat perjanjian menjelaskan bahwa pihak Prinsipal wajib melakukan berdasarkan kontrak yang sudah ditetapkan dengan Obligee.
 
Manfaat produk asuransi ini adalah memastikan kedua pihak telah melaksanakan kewajiban yang sesuai dengan kontrak yang berlaku. Selain itu, kedua belah pihak juga dipastikan mendapatkan penjaminan secara cepat, mudah, dan tidak merugikan satu sama lain.
 
Produk Suretyship dibagi menjadi lima macam, yaitu:
 
- Jaminan Obligasi
- Kewajiban Bea Cukai
- Kontra Garansi Bank
- Kewajiban Cukai
- Pembayaran Kewajiban (Jaminan Pembayaran)
 
Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Asei
Produk asuransi Asei khusus mengutamakan perlindungan terhadap bisnis, dan usaha komersial. Karena itu, asuransi Asei pantas disebut sebagai perusahaan asuransi satu-satunya di Indonesia yang khusus memberikan proteksi pada bisnis.
 
Jadi, bagi para pebisnis, Asei layak jadi mitra Anda. Sebab, fokus mereka pada penyediaan asuransi bisnis tentu membuat pelayanan mereka menjadi lebih maksimal.
 
Kekurangannya telah terlihat jelas. Asuransi ini lebih berfokus pada usaha-usaha besar dan sektor “berat”. Karena itu, pilihan produk perlindungan untuk usaha mikro dari Asei terbilang terbatas.
 
Meski ruang lingkup Asei terbilang sempit, pengalaman Asei atau PT Asuransi Ekspor Indonesia yang dianggap sepele membuat perusahaan asuransi satu ini terbilang kawakan di bidangnya.
 
Selain asuransi Asei, untuk Anda yang sedang mencari perusahaan asuransi di Indonesia yang menghadirkan berbagai produk perlindungan sesuai kebutuhan nasabah, maka Tokio Marine Insurance jawabannya.
 
Berikut ini penjelasan mengenai pilihan produk asuransi Tokio Marine Indonesia:
Pilihan Produk Asuransi Tokio Marine Indonesia
 
Tokio Marine Insurance Indonesia menghadirkan pilihan produk yang menjawab kebutuhan nasabah. Beberapa pilihan produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi umum ini antara lain:
 
1. Tokio Marine Asuransi Mobil
 
Produk asuransi mobil menjadi salah satu yang paling diminati oleh nasabah Tokio Marine. Polis yang ditawarkan antara lain adalah all risk dan TLO untuk kendaraan pribadi maupun bisnis.
 
Produk all risk cocok untuk nasabah yang memiliki mobil baru karena manfaat pertanggungan lebih menyeluruh.
 
Sementara TLO cocok digunakan untuk kamu pemilik mobil tua karena harga preminya lebih murah. Usia maksimal mobil yang bisa diasuransikan menggunakan polis dari Tokio Marine adalah 10 tahun. 
 
Bagi kamu yang tertarik dengan produk saat ini Lifepal sudah dekat dengan Asuransi Tokio Marine. Sehingga kamu bisa mendapatkan harga premi mulai Rp36 ribu per bulan untuk TLO dan Rp205 ribu per bulan untuk asuransi mobil all risk.
 
2. Asuransi Perjalanan Tokio Marine Indonesia
 
Produk Asuransi Perjalanan Tokio Marine menawarkan 2 pilihan polis, yang pertama Travel Partner Domestik dengan 2 pilihan paket untuk manfaat pertanggungan kecelakaan diri, medis, dan perjalanan selama perjalanan di dalam negeri.
 
Sementara polis selanjutnya adalah Travel Partner International untuk menghadapi berbagai risiko yang mungkin terjadi, kecelakaan diri maupun perlindungan medis selama berada di luar negeri. 
 
3. Asuransi Marine Cargo
 
Produk asuransi kargo juga ditawarkan oleh perusahaan Tokio Marine Indonesia. Produk ini memberikan manfaat pertanggungan terhadap berbagai risiko kerusakan. 
 
Baik itu saat transportasi melalui laut, udara maupun darat. Beberapa risiko yang ditanggung misalnya kerugian akibat tenggelamnya, kebakaran, biaya tanggung jawab dan lain-lain.
 
4. Asuransi Kecelakaan Diri
 
Produk yang ditawarkan selanjutnya adalah asuransi kecelakan diri. Produk ini menawarkan 3 pilihan polis asuransi kecelakaan diri mikro dengan berbagai manfaat pertanggungan. 
 
Umumnya yang ditanggung adalah kematian karena kecelakaan, biaya pengobatan, sampai dengan biaya pemakaman.
 
5. Asuransi Harta Benda Bisnis 
 
Polis yang ditawarkan selanjutnya menawarkan berbagai ancaman atas kerusakan properti kantor, sampai dengan tanggung jawab penyewa. Peristiwa yang mengakibatkan kerugian yang ditanggung asuransi harta benda misalnya akibat peristiwa kebakaran, maupun banjir bencana alam.
 
6. Tokio Marine Asuransi Jiwa
 
Polis asuransi jiwa juga menjadi salah satu produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Polis ini berada di bawah naungan Tokio Marine Life. Untuk manfaat pertanggungan yang ditawarkan adalah santunan meninggal dunia hingga Rp1 miliar serta manfaat perlindungan sampai usia 99 tahun.
 
7. Asuransi Kesehatan Tokio Marine
 
Berada di bawah naungan PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, juga ada produk asuransi kesehatan. Produk Asuransi Kesehatan Tokio Marine ini memiliki manfaat pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan sampai penyakit yang disebabkan oleh risiko covid-19.
 
Itulah penjelasan mengenai Asuransi Asei dan Tokio Marine Indonesia. Lihat pilihan polis selengkapnya dari tokio marine life insurance lifepal