PALAS - Wakil Ketua DPRD Padanglawas (Palas) minta Dinas Kesehatan antisipasi sebaran hepatitis akut yang menyerang anak-anak.

"Kita mengingatkan Dinkes agar meningkatkan kewaspadaan terhadap sebaran penyakit hipatitis akut yang telah banyak menyerang anak dan telah ada korban," kata Wakil Ketua DPRD Palas, Sahrun Hasibuan, Rabu(11/5/2022).

Menurutnya, belakangan ini telah ditemukan kasus dugaan hepatitis akut diindikasi telah mengambil korban pada anak di Sumatera Utara ini.

"Kita meminta Dinkes untuk meningkatkan kewaspadaannya dan mengantisipasi penyebaran penyakit yang berbahaya bagi anak ini," ungkapnya.

Lebih jauh dikatakannya, Dinas Kesehatan Palas diminta untuk maksimal dalam pencegahan dugaan kasus hepatitis akut pada anak.

Kata Sahrun, sebagaimana diketahui kasus hepatitis akut diumumkan pertama kali WHO 15 April 2022 dan sudah lebih 200 kasus yang dilaporkan di 20 negara dan di Indonesia sendiri dilaporkan dugaan kasus sejak bulan Mei 2022.

"Kita meminta Dinkes lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus Hepatitis Akut agar tidak menimbulkan korban didaerah ini," tambahnya.

Ia juga mengingatkan, dugaan kasus ini sudah mengambil korban anak di Kota Medan pada bulan Mei 2022. Sehingga Dinkes untuk cepat bergerak agar tidak munculnya kasus tersebut dan menjaga tidak jatuhnya korban.