PALAS - Sebanyak 187 peserta bakal calon Kepala Desa diwilayah Eks Sosa dan Eks Barumun Tengah mengikuti tes Covid -19 dan tes uji bebas dari   penyalahgunaan narkoba. Hal ini sesuai dengan tahapan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak Kabupaten Padanglawas Tahun 2022 dilaksanakan  tes uji bebas Narkoba dan tes Covid 19 bagi calon kepala Desa.
 
Kegiatan pelaksanaan tes uji bebas narkoba melibat BNN Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dan tes Covid -91 melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Palas.
 
Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten Palas, Amrin Faisal.SAP.MM mengatakan, kegiatan pemeriksaan tes Covid dan tes uji bebas narkoba  difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Palas yang berlangsung mulai 10 -12 Mei 2022 untuk tiga zona wilayah kecamatan termasuk  zona Eks Barumun, Eks Sosa dan Eks Barumun Tengah.
 
Dikatakan, untuk zona wilayah I  meliputi Kecamatan Barumun, Kecamatan Barumun Selatan,Kecamatan Ulu Barumun, Kecamatan Lubuk Barumun,
Kecamatan Sosopan dan Kecamatan
Barumun yang dilaksanakan di Puskesmas Sibuhuan, Kecamatan Barumun.
 
Sementara untuk zona wilayah rayon Il meliputi Kecamatan Sosa, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kecamatan Sosa Julu, Kecamatan Ulu Sosa, Kecamatan Sosa Timur dilaksanaan di Puskesmas
Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa.
 
Sedangkan untuk wilayah zona rayon III  meliputi Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kecamatan Sihapas Barumun, 
Kecamatan Barumun Tengah, Kecamatan Huristak, Kecamatan Barumun Barat dilaksanaan di Puskesmas Binanga Kecamatan Barumun Tengah.
 
"Kegiatan tes uji bebas narkoba dan Covid -19 ini sebagai salah satu syarat penetapan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa," katanya, Rabu (12/5/2022).
 
kata Faisal, hal ini untuk membukti komitmen rencana aksi Kabupaten Palas dalam pembrantasan narkoba didaerah dalam mendukung pihak BNN dan Kepolisian.
 
"Komitmen ini diawali dari calon pemimpin desa yang nantinya akan menjadi duta dalam pembrantasan narkotika diwilayah lingkup desa," terangnya.
 
Hadir dikegiatan tersebut, Kepala BNN Kabupaten Tapanuli Selatan, Kompol Hendro Wardoyo.SIP.M.Si dan Plt Kadis Pemberdayaan Masyarkat dan Kepala Puskesmas Ujung Sosa.
 
Ia menambahkan, untuk wilayah zona I meliputi kecamatan Barumun akan dilaksanakan, Kamis (1/5/2022) dan untuk zona II dan III telah kita laksanakan selama dua hari ini.