SERGAI - Bupati Sergai H. Darma Wijaya meninjau dan menyalurkan bantuan kepada korban angin puting beliung dienam dusun Desa Pulau Gambar, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengalami rusak berat dan ringan akibat diterpa angin puting beliung pada Kamis (5/5/2022) sekitar pukul 15.30 WIB. Peristiwa tersebut akibat terjadi pasca hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang yang melanda kawasan tersebut.
 
Hasil data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sergai mencatat hingga Jumat (6/5) terdapat 9 rumah rusak berat dan 10 mengalami rusak ringan yang berada di Dusun IV, VII, XVI, XI, VIII dan XIVA Desa Pulau Gambar dan berdampak pada 19 kepala keluarga.
 
Pasca kejadian pihak kecamatan serta BPBD Sergai dan Pemdes Pulau Tagor langsung turun kelokasi kejadian serta mendata korban, meski tampak rumah porak poranda masyarakat masih bersyukur tidak ada korban jiwa hanya mengalami trauma.
 
Bupati Sergai H. Darma Wijaya didampingi istri Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Kepala BPBD Ir Husin, Camat Serbajadi Syafruddin EM AP, Kades Pulau Tagor Suriadi, Bhabinsa Koramil Galang langsung meninjau dan menyalurkan bantuan kepada korban angin puting beliung.
 
Darma Wijaya dalam kesempatan tersebut, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan akan ancaman bencana yang disebabkan cuaca ektrim seperti angin puting beliung maupun angin kencang.
 
Dalam kunjungan ke Desa Pulau Tagor ini, Darma Wijaya memberikan bantuan stimulus berupa material seng, broti dan menambahkan uang serta beras. Bantuan ini tidak sepenuhnya dapat membantu keseluruhan kerusakan rumah warga namun setidaknya dapat menghibur korban musibah.
 
"Kepada para korban bencana musibah ini cobaan dari yang kuasa kita tetap waspada tinggi karena angin puting beliung sering terjadi di desa Pulau Tagor, begitu juga para korban untuk lebih memperhatikan membangun maupun merehap rumah khususnya kap rumah terikat di ring balok, setidaknya dapat mengantisipasi atap rumah agar tidak terbang jika diterpa angin," papar Bupati.
 
Berikut data rumah warga mengalami rusak berat Kornelis Sitorus (81), Semua Hutapea (64), Nurida Sirait (48), Roni Purnama (28), Selamat (52), Ediyanto (53), Asnan (71),Suwanto (41), Pardi (43), dan rusak ringan SABAM Sitorus (42) Rita Manurung (48), Baringan Hasibuan (50), Malentina Dolok Saribu (48), Joner Tambunan (48), Buhari Rahman (35), Nursin (61), Hariani (43), H Amat (72)  H. Sutrisno (50).
 
 
Kasih (61) tak lain istri dari Asnan mengatakan saat kejadian sedang berada di dalam rumah bersama suami dan adiknya. Hujan deras disertai angin kencang dengan sekejap mengangkat seng rumahnya hingga terbang dan rusak. Upaya untuk menyelamatkan harta benda tidak berhasil. Kasih langsung menyelamatkan diri kerumah tetangga sambil menggotong suaminya yang sedang sakit.
 
 
"Semua perabotan rumah basah kuyup, kami menyelamatkan diri kerumah tetangga," papar Kasih.
 
 
Meski trauma, Kasih mengaku sedikit terobati atas kedatangan Bupati Sergai bersama istri ke rumahnya dan memberikan bantuan berupa baterai seng broti dan uang serta beras.
 
"Saya sangat berterima kasi atas kehadiran Bupati Sergai dan istrinya. Kami ditimpa musibah dan kami juga kedatangan tamu oleh Bupati," papar Kasih.