TAPSEL - Di momen libur lebaran 2022 ini, tarif parkir di lokasi wisata Aek Sijorni, Kecamatan Sayur Matinggi Tapanuli Selatan, dinilai terlalu mahal dan 'mencekik leher'. Sebab tarif parkir untuk kendaraan roda empat dibandrol Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu serta Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu untuk sepeda motor. "Kemahalan, sampai mencekik leher kayak gitu. Masa dua sampai tiga jam kita parkir, tarifnya sampe Rp 30 ribu gitu," ujar Asri (32) wisatawan asal Jakarta yang membawa keluarga ke Aek Sijorni pada Rabu (4/5/2022). 
 
Seorang petugas parkir kepada wartawan mengaku, mereka memang memanfaatkan moment lebaran ini untuk menaikkan tarif.
 
"Hari raya ini bang, wajarlah Rp 30 ribu. Kalau tak mau bayar, tak usah parkir di sini, bawa aja parkir dari rumah," ujar petugas parkir saat wartawan hendak parkir di pinggiran Jalinsum sekitar Aek Sijorni.
 
Pemberlakuan tarif Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp10 ribu hingga Rp15 ribu untuk roda dua ini, tergantung jarak parkir dengan pintu masuk lokasi wisata Aek Sijorni. Makin jauh makin murah.
 
Pada hari biasa, tarif parkir di sekitar objek wisata Aek Sijorni, hanya Rp20 ribu untuk mobil minibus/pribadi dan Rp 10 ribu untuk sepeda motor.