ASAHAN - Megah dan besar, begitulah kata masyarakat Kabupaten Asahan menyebutkan Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran yang terletak tepat di depan Kantor Bupati Asahan. Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran juga memiliki halaman yang sangat indah. Selain hiasan buatan, pohon kurma juga turut memberikan nuansa keindahan.
 
Tentunya di Hari Raya Idul Fitri, rumah Allah SWT itu menjadi incaran masyarakat untuk berkunjung. Selain bisa mencuci mata dengan indahnya pesona lingkungan Masjid, masyarakat juga dapat mengabadikan nuansa itu dengan berswafoto.
 
Sukaria terpancar di raut wajah para pengunjung, seolah telah mendapatkan kebahagiaan yang sudah lama hilang. Anak-anak dapat bermain di taman dan halaman Masjid, para pemuda dan pemudi asyik menyalakan kamera ponselnya.
 
Salah satu pengunjung bernama Juliani menampakkan dirinya bahagia. Sebab, 2 lebaran sebelumnya dirinya mengaku tidak bisa berwisata bersama keluarga. Kini, dirinya bisa mengabadikan momentum lebaran tahun ini dengan keluarga di Masjid terindah.
 
"Seneng kali, lebaran tahun-tahun sebelumnya masih banyak pembatasan pergerakan masyarakat dan juga takut dengan penyebaran covid. Jadi gak berani banyak keluar rumah. Alhamdulillah tahun ini lebih bebas lagi, sudah vaksin juga jadi bisa berjalan-jalan," katanya kepada Gosumut.com Rabu (4/5/2022).
 
Selain mempesona menurut Juliani, Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran juga dekat dari kediamannya. Menurutnya ini adalah kebahagiaan yang ringan resiko.
 
"Selain indah, jarak dari rumah tak terlalu jauh. Jadi resikonya lebih rendah. Karena saat lebaran lalu lintas padat, rawan kecelakaan, kalau perjalanannya dekat, kan lebih ringan resikonya. Selain itu juga ringan resiko kantong," katanya lagi sambil tersenyum.
 
Ibu dua anak itu berharap, selain Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Alun-alun Kota Kisaran yang berada di sebelah Masjid juga dapat dibuka kembali.
 
"Sayangnya alun-alun masih ditutup dengan pagar, kalau enggak, lebih enak lagi. Semoga lah bisa cepat dibuka lagi, kalau hari libur bisa main ke Alun-alun juga," tuturnya.