TAPSEL - Ribuan kendaraan terjebak macet selama dua jam lebih di Jalur Lintas Sumatera, tepatnya di lokasi wisata Aek Sijorni Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Kemacetan ini dipicu, ramainya pengunjung wisata yang naik turun di pintu masuk objek wisata Aek Sijorni, Selasa (3/5/2022).
 
"Parah macetnya, untuk melintasi Aek Sijorni butuh waktu dua jam lebih," ujar Zainal Abidin (41), pengendara bus yang melintas.
 
Dari arah kota Padang Sidempuan menuju Aek Sijorni, pengendara sudah terjebak kemacetan sepanjang 4 kilometer lebih, mulai dari Desa Bange Kecamatan Sayur Matinggi, hingga Aek Sijorni. Dari arah sebaliknya, dari Kota Panyabungan menuju Aek Sijorni kemacetan dimulai dari Simpang Tantom Kecamatan Sayur Matinggi.
 
Kemacetan semakin parah, ketika para pengendara tidak sabar dan membuat dua lapis kendaraan. Hal ini memperburuk keadaan karena dari arah yang berlawan, kendaraan tidak bisa melintas.
 
Sementara itu, puluhan petugas dari Polres Tapanuli Selatan yang mengatur lalu lintas, terlihat kewalahan mengurai kemacetan. Banyaknya warga yang turun naik di pintu masuk lokasi wisata, serta tidak adanya tempat parkir, membuat kendaraan pengunjung memanfaatkan bibir Jalinsum, sehingga mempersempit akses berlalu lintas.