MEDAN - Kebakaran hebat terjadi pada pemukiman padat penduduk di jalan Wahidin, kelurahan Pandau Hulu II, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, Minggu (1/5/22) dini hari. Lurah Pandau Hulu II Zulfikar Rambe, mengatakan. Kebakaran yang terjadi diketahui sekitar pukul 02.00 Wib dini hari itu dengan cepat merembat ke rumah sekitarnya dan menghanguskan sebanyak 41 unit rumah dan baru padam pukul 05.30 Wib. 

"Sebanyak 41 unit rumah yang terbakar, dari situ sekitar 59 KK yang terkena dampaknya," ujarnya.

Ia mengatakan kebakaran hebat itu berawal dari korsleting listrik yang terjadi pada salah satu rumah yang berada di jalan Wahidin Gg Lurah, saat korsleting listrik itu kemungkinan warga ada yang sedang melakukan santap sahur. 

"Sementara dugaan kebakaran terjadi pada salah satu rumah yang mengalami korsleting listrik, saat itu warga kemungkinan sedang melakukan sahur. Disini kan membaur ada yang etnis Tionghoa juga," tuturnya. 

Zulfikar mengatakan untuk sementara pihaknya bersama BNPB mendirikan tenda darurat untuk seluruh korban kebakaran hebat itu dan juga akan menyiapkan bantuan. 

"Untuk sementara ini kita membuat posko darurat bersama dengan BNPB dan juga dinas sosial kita menyiapkan bantuan berupa makanan tenda pengungsi juga ada dapur umum dan sebagainya," tutupnya.