TAPUT - Bocornya gas elpiji 3 kg mengakibatkan satu unit rumah warga semi permanen terbakar, Jumat (29/4/2022) sekira pukul 17.00 di Dusun Bonani Onan Desa Parsaoran Janjiangkola, Kecamatan Purba Tua, Kabupaten Taput.


Kasi Humas Polres Aiptu W. Baringbing dalam keterangan pers tertulisnya kepada Gosumut com membenarkan peristiwa tersebut.

Pemilik rumah dalam peristiwa tersebut diketahui bernama Adi Panggabean (29) warga Bonani Onan, Desa Parsaoran Janjiangkola.

"Dari hasil pemeriksaan tim Inavis Sat Reskrim Polres Taput kepada saksi korban selaku pemilik rumah diketahui penyebab peristiwa tersebut terjadi, sebelumnya Lina Sitompul (Istri Adi Panggabean) sedang memasak teh di dapur rumahnya dengan mengunakan kompor gas. Namun saat itu tanpa diduga tiba-tiba api menyala dari kepala gas elpiji tersebut," ujar Kasi Humas.

Melihat hal tersebut lalu Lina Sitompul berlari sambil berteriak memanggil suaminya Adi Panggabean ke ruangan tengah. Mendegar teriakan istrinya minta tolong, Adi sontak bergegas lari ke arah dapur menemui istrinya, namun setiba di dapur Adi melihat api sudah menjalar membakar dinding dapur rumahnya.

Melihat hal tersebut Adi menyuruh istrinya membawa semua anak-anak mereka keluar rumah, sedangkan Adi masih berusaha mematikan api dan Adi berupaya mengangkat tabung gas yang terbakar serta melemparkannya ke bak kamar mandi supaya tidak sampai meledak.

Namun nahas, upaya yang dilakukan Adi untuk menyelamatkan rumahnya dari amukan si jago merah tidak sepenuhnya berhasil, di mana setelah api dari gas mati di bak kamar mandi, api yang membakar dinding dapur semakin membesar.

Melihat api yang semakin membesar, Adi pun keluar rumah dan meminta tolong kepada warga tetangga sekitar. Mendengar teriakan Adi serta melihat api yang semakin membesar membakar rumah Adi warga sekitar pun berdatangan dan berusaha mengeluarkan barang-barang milik korban dari dalam rumah, sedangkan warga lainnya berupaya memadamkan api dengan menyiram air mengunakan alat seadanya. Namun apa daya api pun tidak bisa mati dan bahkan semakin membesar.

"Sekitar 40 menit kemudian, mobil Damkar milik Pemkab Taput tiba di lokasi kejadian dan dengan cepat bergerak memadamkan api, tidak berapa lama api pun bisa dipadamkan namun rumah korban sudah sempat hangus dilalap sang si jago merah," sebutnya.

Dalam peristiwa tersebut, korban mengalami luka bakar di sekujur tubuh saat berupaya mengangkat tabung gas elpiji yang terbakar dan membuangnya ke bak kamar mandi rumahnya.

Akibat luka bakar yang diderita, saat ini Adi sedang menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Daerah Tarutung untuk pengobatan yang lebih intensif.

"Untuk mengetahui penyebab pasti peristiwa kebakaran tersebut dari mana sumber apinya hingga menghanguskan rumah korban masih dalam penangan Tim Inafis Polres Taput untuk melakukan olah TKP," tandasnya.