BANGKOK - Indo Pacific Stakeholder Forum tahun ini dilaksanakan di Bangkok, Thailand pada tanggal 26-29 April di Okura Hotel, Siam, Bangkok.
Hadir lebih dari 20 negara, diantaranya perwakilan dari Indonesia, Amerika, Jerman, Inggris, Mongolia, Khazakhtan, Philipina, Sri Langka, Malaysia dll.

Indonesia menempatkan 4 orang perwakilannya di acara bergengsi tersebut, diantaranya Muhammad Ziad Ananta S.Sos M.Si yang juga Ketua KNPI Kabupaten Serdang Bedagai, Amul Hikmah Budiman dari Saroja Institute Sulses, Tati Sedfar dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan Perwakilan dari PSI.

Nanta sapaan akrabnya, yang juga kandidat Doktor Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara itu juga menjadi satu satunya perwakilan dari pulau Sumatera.

Nanta, saat dihubungi melalui WhatsAppnya, Rabu (27/4/2022), mengatakan forum pemuda Internasional ini juga membahas bagaimana demokrasi berjalan di beberapa belahan dunia, juga membahas perkembangan politik di beberapa negara.

Dia juga mengatakan, 50 orang dari berbagai latar belakang ikut dalam acara internasional ini diantaranya, aktivis partai, media, peneliti dan lainnya.

Nanta menjelaskan, forum ini sendiri diadakan untuk tokoh tokoh muda yang dinilai memiliki potensi dari berbagai negara indo pacific, diantaranya Indonesia untuk membangun jaringan internasional dan menjadikan anak-anak muda di seluruh dunia bisa terkoneksi dan berdiskusi untuk demokrasi yang lebih baik. *