PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas) melantik pengurus  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Palas priode  2021-2026. Selain pelantikan FKUB, turut juga melantik Badan Wakaf Indonesia(BWI) Kabupaten Palas, priode 2022-2026 dilanjutkan kegiatan buka puasa bersama (Bukber) di halaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Palas, Selasa (26/4/2022).
 
Plt  Bupati Padanglawas, drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi berharap pengurus FKUB yang baru dilantik dapat mengemban amanah untuk kepentingan kemaslahatan umat yang berkotribusi memberikan pencerahan dan pemahaman yang baik.
 
"Saya melihat pengurus FKUB ini adalah orang-orang yang enerjik dan memiliki kualitas tinggi sehingga dapat meminimalisir deteksi dini dari gangguan yang berkaitan dengan kemaslahatan," harapnya.
 
Sebaliknya dengan terbentuk sekaligus pelantikan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Palas dapat berperan dalam mengantisipasi gangguan dini.
 
Salah satunya contohnya, ganguan penyerobotan tanah wakaf yang sudah diserahkan ke pihak pemerintah, tetapi ada pihak tertentu yang mencoba mengganggu harus dapat terdeteksi secara dini.
 
"FKUB dan BWI sebagai mitra pemerintah tentu bisa membantu pemerintah dalam berbagai program yang berhubungan dengan kemaslahatan sesuai aturan dan ketentuan," terangnya.
 
Menurutnya, bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar sangat menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi toleransi antara umat beragama, katanya.
 
Ia berharap, pengurus FKUB dan BWI berperan menciptakan suasana yang harmonis ditengah masyarakat dalam upaya membantu pemerintah.
 
"Bekerja secara ikhlas dan tuntas untuk mewujudkan kemajuan pembangunan guna terciptanya kondusifitas merupakan tugas FKUB dan BWI sehingga memberi manfaat bagi daerah dan masyarakat,"ucap H.Ahmad Zarnawi.
 
"Saya mengucapkan selamat kepada pengurus FKUB dan BWI yang baru dilantik untuk tetap komit mengembang amanah tugas yang berkaitan dengan kemaslahatan," tambahnya.
 
Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenang) Palas, H.Abdul Manan MA mengatakan, FKUB dan BWI merupakan badan independen yang memiliki nilai strategis dalam membantu pembangunan di tengah masyarakat.
 
"Mari kita wujudkan Kabupaten Palas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dab berbudaya (Bercahaya) dengan peran aktif semua stakholder," harapnya.
 
Ketua FKUB Kabupaten yang baru dilantik, H.Fazrin Usman Hasibuan MPdI, Sekretaris Irham Habibi Harahap MPdI, Bendahara Muhammad Yakub Hasibuan SH.
 
Sementara pengurus BWI Kabupaten Palas di Ketua H.Sehat Muda Hasibuan Lc MA, Sekretaris H.Ahmad Husein Nasution SPd MM dan Bendahara Diansyah Putra Rambe.