PALAS - Selama Ramadan 1443 H Madrasah Aliyah Negeri(MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset, rutinitas melaksanakan shalat tarawih berjamaah dan kuliah tujuh menit (Kultum).

Kegiatan shalat Tarawih berjamaah yang dilanjutkan dengan Kultum yang disampaikan Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan, Amris Pulungan SPdi di Mushollah MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Jumat (22/4/2022) malam.

Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA mengatakan selama Ramadan kegiatan pembelajaran diisi dengan kultum dan taklim Alquran bagi setiap peserta didik.

"Setiap kelas mulai kelas X,XI dan XII harus ada perwakilan yang membawakan tausyiah dan kultum didampingi guru pembimbing siswa," terangnya, Sabtu(23/4/2022).

Kata Mahyarni, pada bulan Ramadan ini setiap siswa mengikuti shalat Tarawih berjamah, kultum dan dilanjutkan dengan kajian taklim Alquran yang dibaca para siswa di musalla madrasah.

Kegiatan ini dilaksanakan, sambungnya bertujuan agar peserta didik madrasah diharuskan untuk membaca Alquran dan mempelajari maknanya sebagai budaya di lingkungan madrasah.

Ia berharap, melalui kegiatan Ramadan ini dapat melatih peserta didik berbicara ditempat umum agar nantinya memiliki kepercayaan diri.

"Latihan ceramah atau tausyiah juga akan memperkuat mental peserta didik untuk menjadi bekal saat akan berkiprah dikegiatan keagamaan dan kemasyarakatan,"imbuhnya.

Program kultum ini juga bisa mencetak generasi penerus bangsa yang beriman bertaqwa dan memiliki ilmu keagamaan sehingga mengharumkan nama madrasah, pungkasnya.