PALAS - Memasuki kunjungan hari kesembilan, tim safari Ramadan Pemkab Palas kunjungi Desa Sabahotang, Kecamatan Barumun Baru.

Walapun dalam kondisi diguyur hujan rombongan Plt Bupati Padanglawas (Palas) drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi bersama Kapolres AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi dan Sekda Arpan Nasution SSos,tidak surut untuk bersilaturahmi dengan masyarakat.

Turut serta juga dalam rombongan tersebut,
Asisten III, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik serta sejumlah pimpinan OPD.

Meskipun dalam kondisi diguyur hujan deras sesaat setelah acara dimulai, Safari Ramadan tetap berlanjut dan tidak mengurangi antusiasme masyarakat untuk hadir pada kegiatan ini.

"Walaupun kondisi hujan, semoga tidak mengurangi makna dari silaturrahim ini. hujan adalah rahmat, nikmat dan berkah," kata Plt Bupati mengawali sambutannya, Jumat(22/4/2022).

Dikatakan, hujan diturunkan oleh Allah SWT untuk menyuburkan tanah yang tandus, tanah yang subur akan ditumbuhi tanam tanaman. Hujan juga untuk menjaga keseimbangan alam.

Menurut Plt Bupati, meskipun acara berubah tetapi tidak mengubah niat kita bersilaturrahim.

"Mudah mudahan bersama rahmat yang Allah turunkan ini akan menumbuhkan dan menyuburkan persaudaraan diantara kita serta hubungan pemerintah dengan masyarakat akan seimbang selaras, saling mendukung menuju Palas Bercahaya, mengakhiri sambutan sesaat sebelum berbuka puasa.

Ustad Muhammad Yamin Hasibuan dalam tausyiah kultum menjelang berbuka puasa menyampaikan,ada tiga macam dari sepuluh yang sangat muliakan dan disukai oleh Allah Ta'ala.

Pada sepuluh hari pertama bulan Muharram,kata Ustad ada satu hari yang sangat mulia yaitu hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram.

Selanjutnya sepuluh hari pertengahan bulan Sya'ban yaitu Malam Nisfu Sya'ban adalah malam pengampunan dan pembebasan dosa, dikabulkannya segala hajat dan pahala yang berlimpah.

Selain itu, lanjutnya sepuluh hari terakhir bulan Ramadan yaitu didalamnya ada malam Lailatul Qodar sebagai malam teristimewa diantara malam lainnya maka amalan untuk memperoleh keistemewaan malam Lailatul Qodar adalah sedikitnya mengerjakan sholat isya dan Subuh berjamaah.

“Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu,"ujarnya.

Dikesempatan itu, Plt Bupati Palas menyerahkan bantuan sosial kepada imam dan khatib, bilal mayit, guru mengaji, guru MDA, dan anak yatim kepada 366 orang di Kecamatan Barumun Baru serta bantuan ambal untuk masjid.