DELISERDANG - Bencana alam gempa bumi terjadi di Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada Jumat dini hari (22/4/2022) sekitar pukul 03.23.34 WIB.

Gempa bumi ini dengan kekuatan magnitudo 5.0 skala richter dan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 4,9 SR.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,47° LU ; 96,83° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 89 Km arah Barat Daya Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 19 km," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno kepada wartawan.

Bambang mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di dasar laut.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike-slip," ucapnya.

Bambang menjelaskan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 03.52 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," jelas Bambang.

Untuk itu Bambang menghimbau kepada masyarakat untuk memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.