PALAS - Kepala Kepolisian Resort Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi mengajak masyarakat untuk meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah di bulan ramadhan yang penuh berkah.

Hal itu disampaikan Kapolres saat memberikan sambutan dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadan Pemkab Palas hari ketujuh dengan mengunjungi Kecamatan Hutaraja Tinggi.

Kegiatan pertemuan Safari Ramadhan berlangsung di halaman Masjid PTP IV Kebun Sosa, Desa Lubuk Bunut, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Rabu (20/4/2022).

Turut serta dalam tim Safari Ramadan tersebut, Sekda, Arpan Nasution SSos, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Drs Marza Jennova MM, para pimpinan OPD dan para camat eks Kecamatan Sosa yang meliputi empat Kecamatan yaitu Kecamatan Sosa, Batang Lubu Sutam, Hutaraja Tinggi dan Sosa Timur.

Tampak juga hadir dikegiatan tersebut, Camat Hutaraja Tinggi, Sudaryono SSos dan Manajer PTPN IV Kebun Sosa Mulianto SP.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak PTPN IV Sosa yang telah memfasilitasi kegiatan Safari Ramadan 1443 H di wilayah Kecamatan Hutaraja Tinggi," kata Kapolres.

Menurutnya, dengan bersilaturahmi dibulan Ramadan sebagai komunikasi dua arah antara pemerintah, Polres Palas dan warga yang telah terjalin dengan baik untuk terus ditingkatkan.

Kapolres Indra Yanitra berharap, jalinan persaudaraan (ukuwah Islamiyah) melalui silaturrahim akan semakin erat dan kuat. Dengan kekuatan ukuwah Islamiyah maka kerukunan umat akan terbangun dengan baik sehingga tercipta kehidupan yang damai dan sejahtera.

"Kiranya dengan keberkahan Ramadhn ini, mari kita bina terus ikatan persaudaraan melalui silaturahmi mewujudkan kedamaian, ketertiban dan kenyamanan dalam kehidupan sehari -hari," tambahnya.

Sementara Al Ustadz Mujahid dalam tausyiahnya mengatakan, sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah, Ada beberapa amalan yang akan mendapatkan keistimewaan dihadapan Allah SWT diantaranya,amalan ringan tetapi pahalanya besar.

Karena pada Bulan Ramadan ini, lanjutnya sekecil apapun amalan yang kita lakukan tidak ada yang tidak diberikan ganjaran pahala oleh Allah SWT.

"Artinya sesuai dengan perkataan para ulama bahwa Ramadan adalah madrasah bagi umat islam, agar kita mampu menghidupkan ibadah sekecil apapun di bulan puasa agar mendapat ganjaran pahala dari Allah Ta'ala," ujarnya.

Menurut Al Ustad, tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni,” (HR Baihaqi).

"Tidur dan diam saja mendapat pahala apalagi dengan sholat, tarawih, tadarus dan sedekah yang kita lakukan," sebut Ustadz Mujahid.

Ia menambahkan,kiranya ibadah yang kita laksanakan akan senantiasa mendapat ganjaran kebaikan dari Allah Ta'ala.

Rangkai kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Palas ditandai dengan menyerahkan secara simbolis kepada Camat Huragi berupa bantuan sosial kepada imam dan khatib, bilal mayit, guru mengaji, guru MDA, dan anak yatim serta bantuan ambal untuk masjid yang diserahkan Kapolres dan Sekda Palas.