PALAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padanglawas (Palas) melalui Baznas menyalurkan bantuan kepada 58 Kepala Keluarga (KK) koban banjor bandang Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kamis(21/4/2022) di Aula Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan. Warga dari sejumlah desa menerima bantuan rehab rumah yang rusak terkena dampak banjir bandang yang terjadi diawal pengantian tahun 2021 lalu yang meluluh lantak di wilayah tersebut.
 
Plt. Bupati Padanglawas, drg H. Ahmad Zarnawi CHt MM MSi didampingi Sekda, Arpan Nasution SSos secara simbolis menyerahkan bantuan kepada 58 KK warga penerima bantuan Baznas tersebut.
 
"Peristiwa banjir bandang tersebut telah meluluh lantak rumah warga di wilayah tersebut. Musibah mini akibat meluap sungai Sutam sehingga berdampak banjir yang cukup dasyat danenimbulkan kerugian material di masyarakat," terangnya.
 
Kata Plt Bupati, sesuai data dari dan pemerintah desa setempat  terdapat  58 KK yang rumahnya mengalami kerusakan. Termasuk di Desa Tanjung Baru, Tamiang, Tanjung Barani, Hutabaru, dan Desa Siadam, Kecamatan Batang Lubu Sutam.
 
Ia berharap, bantuan yang diberikan bisa meringankan beban warga terdampak banjir bandang untuk perbaikan rehab rumah yang  mengalami kerusakan. 
 
"Manfaatkan bantuan ini dengan baik untuk perbaikan rehab rumah akibat dampak banjir bandang tersebut," harap H.Ahmad Zarnawi.
 
Sebelumnya Ketua Baznas Kabupaten  Palas, Drs H. Abdul Haris yang didampingi pengurus H. Azman Nasution, H. Muslihuddin Hasibuan, H. Pangihutan Hasibuan, dan Lukmanul Hakim meminta warga untuk memanfaat bantuan dengan baik.
 
Dikatakan, bantuan rehab rumah itu diberikan sesuai dengan data dan laporan masyarakat beserta pemerintah desa dari masing-masing desa yang terdampak banjir bandang.
 
Abdul Haris menyampaikan bahwa beberapa hari pasca kejadian banjir bandang, Baznas  Palas juga telah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir bandang, seperti bantuan pangan dan pakaian layak pakai selain membantu pembersihan rumah-rumah warga.
 
"Setiap KK menerima bantuan sebesar Rp 2 juta sebagai bantuan pemerintah yang peduli terhadap masyarakat terdampak banjir bandang sebagai wujud perhatian dan kepedulian atas musibah yang dialami warga di Kecamatan Batang Lubu Sutam," tandasnya.