PALAS - Pemkab Padanglawas di hari keenam Safari Ramadhan mengunjungi Kecamatan Huristak, Selasa (19/4/2022) malam.
Plt Bupati Padanglawas, drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si
diwakili Sekda Arpan Nasution menyampaikan, melaksanakan ibadah puasa dari segi kesehatan menyehatkan jiwa dan raga.

"Selama berpuasa kita membatasi dan mengatur asupan makanan yang masuk kedalam tubuh dan menahan diri untuk membatasi kebiasaan dan makan yang kurang sehat misalnya kegiatan merokok, memakan cemilan seperti coklat dan mei instan," katanya.

Menurutnya, dengan berpuasa berat badan akan turun, zat gula dalam darah akan stabil, kolesterol akan turun, sehingga tubuh akan semakin bugar dan sehat.

"Mens sana in corpore sano. Artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat," ujar Sekda.

Disamping menyehatkan raga sambungnya, puasa juga menyehatkan jiwa yang dapat mengendalikan emosi dan selalu sabar menjadi hal penting dalam berpuasa karena membuat jiwa lebih tenang.

Kata Sekda, puasa juga dapat mengendalikan serta membersihkan jiwa dari sifat sifat tercela, seperti sifat dendam, iri, dengki dan sebagainya seakan kita bertransformasi kembali seperti bayi yang baru lahir.

"Dengan berpuasa, kita sadar akan kelemahan tubuh kita sendiri sehingga menyadari dan mengagungkan kebesaran Allah SWT yang menggerakkan hati untuk terus bersyukur pada setiap apa yang dianugerahi untuk mendapatkan keberkahan ramadhan," ucap Arpan.

Dikesempatan itu, Sekda menyerahkan bantuan sosial kepada imam dan khatib, bilal mayit, guru mengaji, guru MDA, dan anak yatim yang berjumlah 668 orang di Kecamatan Huristak serta bantuan ambal untuk masjid.

Kegiatan Safari Ramadhan tersebut dirangkai dengan tausyiah kultum menjelang berbuka puasa oleh Ustadz Jamasi Gulo.

"Mari kita perbanyak beristighfar, memohon keampunan atas dosa dosa yang telah diperbuat ketika bulan Sya'ban dengan perbanyak sholawat,"sebutnya.

Ia mengajak, umat muslim untuk selalu berdoa dan diijabah dengan memohon kepada Allah SWT dengan niat hati yang tulus agar Allah menyambutmu dan mengijabah doa doamu.

Disamping itu, lanjutnya, perbanyaklah i'tikaf, muhasabah diri, zikir, bertaubat pergiat diri mendidik dan berperang melawan hawa dan nafsu.

"Insya Allah takbir yang berkumandang pada 1 Syawal nanti adalah takbir atas kemenangan kita meraih kemuliaan Allah SWT," ujarnya.

Ustad Jami Gulo menambahkan, seseorang yang dengan ikhlas karena Allah Taala turut membangun mesjid walaupun hanya satu zak semen atau pun satu buah batu bata,maka Allah akan memberikannya pahala semisal bait di syurga.

Turut hadir tim rombongan Safari Ramadhan Pemkab Palas, Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan, para Staf Ahli Bupati, Asisten I, II dan III, Pimpinan OPD, Kakan Kemenag dan Camat Aek Nabara Barumun serta Kepala Desa se Kecamatan Huristak.