TOBA - Pemerintah Kabupaten Toba terima bantuan corn sheller (mesin pemipil) jagung bersumber dari Dana CSR PT. Bank Mandiri, Tbk (Persero) atas aspirasi anggota DPR RI Ir.Lamhot Sinaga sebanyak 25 unit.

Atas bantuan yang diterima Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus menyampaikan apresiasi dalam acara penyerahan kepada masyarakat petani/pekebun Kabupaten Toba yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba Selasa, (12/4/2022).

Disampaikan Poltak Sitorus dalam rangka indeks pertanaman dua kali dalam setahun di lahan persawahan, komoditi jagung menjadi salah satu produk unggulan di Kabupaten Toba selain padi, kopi dan pertenunan.

Pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Toba telah melaksanakan program peningkatan indeks pertanaman dengan bertanam jagung.

Program ini disambut baik oleh masyarakat, mengingat dalam waktu yang relatif singkat masyarakat dapat menikmati hasil panen jagung tersebut, tentunya hal ini sangat signifikan dalam pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

"Pada kesempatan ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Toba kami ucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Anggota DPR RI Fraksi Golkar Daerah Pemilihan Sumut II, Bapak Ir.Lamhot Sinaga dan manajemen Bank Mandiri, yang telah memfasilitasi hingga CSR PT. Bank Mandiri berupa mesin pemipil jagung dapat kita peroleh untuk meningkatkan nilai tambah (Edit Value) hasil panen jagung para petani di Kabupaten Toba," ucapnya.

Lanjut Poltak, seiring dengan harga komoditi jagung saat ini yang cukup baik ditambah dengan bantuan yang diperoleh petani maka produktifitas masyarakat petani kedepannya akan bertambah meningkat sehingga petani semakin sejahtera.

Bantuan serupa dari Bank Mandiri, pada bulan Februari 2022 lalu sebanyak 50 unit juga sudah diterima petani Toba, ucap Bupati Toba Poltak Sitorus.

Lamhot Sinaga dalam dialog langsung dengan petani yang selama ini menggunakan pemipil dengan alat sederhana berharap adanya mesin pemipil jagung yang diberikan dari dana CSR PT.Bank Mandiri (Persero) petani akan semakin terbantu secara cepat memipil jagung hasil panennya hingga kapasitas 1 ton per jam.

Usai acara serah terima mesin, dilanjutkan dengan uji coba mesin untuk mengetahui dan menyaksikan secara langsung hasil pemipilan mesin dan ternyata hasilnya cukup bagus dan lumayan bersih.

Turut hadir Ronaldo Rotua Siregar selaku Area Head Bank Mandiri Pematang Siantar, Kacab Bank Mandiri Balige Theresia Lenora Hutagalung, Pj.Sekdakab Toba Augus Sitorus, Kadis Pertanian T.H Sitorus, Plt. Asisten Administrasi Umum Verry S.Napitupulu, Kabag Perekonomian Eston Sihotang, camat, kepala desa , dan petani penerima bantuan mesin pemipil.*