MEDAN - Gedung Kantor Pos Medan yang berusia 111 tahun akan direvitalisasi menjadi Pos Bloc Medan, sebuah creative hub multi fungsi bagi berbagai komunitas kreatif, mengembangkan talenta lokal, pemberdayaan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Gedung yang ditetapkan sebagai cagar budaya sesuai UU No 10 tahun 2010 dan Perda Kota Medan No 2 tahun 2012 tersebut, akan menjadi ruang kreatif publik generasi muda Kota Medan. Nantinya digedung ini, akan hadir banyak tenant UMKM yang bergerak diberbagai bidang industri kreatif, seperti kuliner, musik, film, fashion hingga kriya. Direncanakan Pos Bloc Medan ini akan diresmikan 17 Agustus 2020 mendatang.

Direktur PT Pos Properti Indonesia, Handriani Tjatur Setiowati, saat memberikan keterangan persnya, Selasa (12/4//2022) menyebutkan era digitalisasi saat ini fungsi dan peran PT Pos sangat membantu. Sehingga untuk memaksimalkan operasionalnya, harus bisa memanfaatkan bangunan-bangunan untuk lebih menghasilkan. Salah satunya dengan creatif hub, di mana saat ini, para milenial, dibidang kreatif mengembangkan bisnisnya secara mandiri.

Ia menambahkan, saat ini ketika generasi muda ditanya mau bekerja dimana, mereka ingin berkarya dan membuat bisnis sendiri. Peluang ini yang kemudian ditangkap bekerjasama dengan Ruang Kreatif Pos, merubah fungsi-fungsi kantor pos menjadi bangunan yang bisa bermanfaat bagi anak-anak muda.

"Kenapa dengan bangunan heritage?, kami juga menginginkan bangunan-bangunna yang luar biasa cantiknya ini bisa dinikmati oleh banyak orang, masyarakat luas. Yang selama ini, masyarakat mungkin hanya bisa menikmati pelayanan di depan, nanti ke depannya bisa menikmati arsitektur bangunan merasakan bagaimana cantiknya bangunan-bangun yang ada di hetitage ini," ujarnya.

Handriani Tjatur Setiowati menambahkan, keberadaan aset-aset Pos Indonsia di seluruh Indonesia adalah salah satu kekuatan dari PT Pos Indonesia. Di mana sebagiannya merupakan bangunan heritage peninggalan kolonial Belanda. Memanfaatkan bangunan heritage dengan kegiatan anak muda jaman kini merupakan satu keunikan tersendiri. Dengan segala detail arsitektur bangunan yang sangat indah dikombinasikan dengan penciptaan ruang kreatif hasil karya anak muda Indonesia.

"Maka diharapkan Pos Bloc Medan akan menjadi tempat tujuan baru anak muda untuk mengekplorasikan daya kreativitas mereka. sehingga mampu menghsailkan karya-karya berdaya jual tinggi. Di tempat ini pula PT Pos Indonesia akan berkolaborasi dengan anak-anak muda kreatif untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan daya jual karya kreatif hingga mampu bersaing, tidak hanya dipasar lokal tetap juga di pasar internasional. Kenali dan cintai karya cipta anak bangsa untuk Indonesia yang lebih hebat," ujarnya.

Sementara Direktur Utama PT Ruang Kreatif Pos, Jimmy Saputro menyebutkan pihaknya menyambut gembira dapat berkolaborasi dengan PT Pos Properti Indonsia dalam mengalihfungsikan serta mengelola aset negara yang saangat bersejarah ini, namun tidak meninggalkan identitas awalnya.

"Semoga Pos Bloc Medan dapat menjadi game changer untuk menghidupkan kembali dinamika kreatif di sekitar kawasan Kesawan serta berdampak luas bagi lingkungan di sekitarnya," ujarnya.

Pos Bloc Medan juga merupakan wadah pemberdayaan UMKM Indonesia yang sudah siap naik kelas. "Kami membuka kesmeptan lebar untuk berkolaborasi demi kesuksesan bersama," pungkasnya.

Komisaris Pos Bloc sekaligus Co Founder M Bloc Grup, Handoko Hendroyono dalam kesempatan tersebut menekankan pentingnya etalasi jenama lokal yang semakin dekat dengan ruang publik.

"Sudah saatnya berbagi jenama lokal terbaik negeri ini dipersatukan dan dudukung dengan etalase yang stratgus dan kren seperti Pos Bloc Medan yang terletak di jantung ibu kota Sumut," imbuhnya.

Selain membuka ruang kreatif publik di Medan, M Bloc Grup juga mengawali sebuah kolaborasi dengan wirausaha asal Medan, Ricky Wijaya, CEO Adhy Group untuk bersama-sama mengembangkan Pos Bloc.

Walikota Medan, Bobby Nasution yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menyambut baik Pos Bloc Medan yang direncanakan akan diresmikan 17 Agustus mendatang.

Ia berharap nantinya, tenant-tenant yang mengisi Pos Bloc Medan ini asli brand unggula Kota Medan dan membisa membawa UMKM naik kelas.

Untuk diketahui, Pos Bloc Medan yang digarap PT Ruang Kreatif Pos merupakan bagian dari M Vloc Grup yang sebelumnya sukses mewujudkan ruang kreatif M Bloc Spase di Melawai Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Pos Bloc Jakarta di Pasar Baru, JNM Bloc di Yogyaarta hingga Fabriek Bloc di Padang Sumatera Barat.