iPhone 13 dirilis pada tahun 2021 lalu yang diperkenalkan dengan peningkatan esensial dari versi sebelumnya. iPhone 13 dibuat sangat baik oleh Apple dalam pengikatan spesifikasi hardware internal dibandingkan iPhone 12 series.

Meskipun memiliki beberapa peningkatan yang super signifikan iPhone 13 memiliki harga jual yang sama dengan iPhone 12. Lantas spesifikasi apa saja yang dimiliki iPhone 13, silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

  1. Desain
iPhone 13 series regular dan iPhone 12 series regular memiliki beberapa perbedaan pada letak sensor kamera belakang. Sedangkan untuk seri pro baik iPhone 12 dan iPhone 13 akan terlihat sama persis, kecuali perubahan warna yang tidak dimiliki iPhone 12 yaitu pacific blue warna cerah yang semakin mempercantik desain iPhone 13.

Meskipun terlihat sama persis nyatanya kamu tidak bisa menggunakan case iPhone 12 untuk iPhone 13 karena memiliki dimensi yang sedikit berbeda. Serta perbedaan kontras warna iPhone 12 dan iPhone 13 yang jika diperhatikan lebih detail ternyata memiliki perbedaan.

Perbedaan dimensi ini disebabkan karena baterai iPhone 13 lebih besar yang mengakibatkan dimensinya lebih tebal 0.3 mm, dan model kamera belakang yang bentuknya lebih besar. Oleh karenanya iPhone 13 memiliki berat 204 gram yang lebih dibandingkan iPhone 12 .

iPhone 13 menggunakan kaca frosted pada bagian belakang ponselnya yang membuatnya bebas dari kotor, dan pada bagian layarnya menggunakan ceramic shield yang membuatnya tahan pecah dari banyak goresan dan benturan.

Walaupun bodi belakang iPhone 13 licin hal ini tidak mempengaruhi kenyamanan karena sudut ponselnya dibuat flat, yang membuat telapak tangan tetap nyaman ketika menggenggam karena adanya grip tambahan.

  1. Layar
Layar iPhone 13 pro memiliki dua poni yang ukurannya lebih kecil 20%. Selain itu, layar iPhone 13 memiliki teknologi Promotion yang mendukung refresh rate 120Hz.

 Panel layar iPhone 13 yaitu LTPO yang memiliki refresh rate adaptif otomatis, ketika ponsel tidak digunakan atau tidak ada konten bergerak maka refresh ratenya akan turun menjadi 10 Hz sehingga dapat menghemat penggunaan baterai.

Layar OLED yang dimiliki iPhone 13 memiliki tingkat akurasi yang tinggi dengan kecerahan maksimum yang mencapai 1000 nits, penampilannya semakin cantik dengan bezel tipis pada t sisinya.

  1. Baterai
iPhone 13 memiliki keunggulan ketahanan baterai ponsel yang lebih baik dibandingkan series iPhone sebelumnya. Meskipun kapasitas baterainya hanya naik sedikit yaitu menjadi 3095 mAh, tapi kamu dapat menggunakan ponsel ini secara intensif seharian dengan baterai yang aman hingga pengecasan berikutnya di esok hari.

Baterai iPhone 13 akan bertahan hingga 7 jam pemakaian untuk memainkan game. Jangka waktu yang cukup lama untuk penggunaan normal atau aktivita sehari-hari. Pengisian baterainya terbilang sangat baik dan membutuhkan waktu yang cukup singkat dengan pengisian daya 23 watt.

  1. Performa
iPhone 13 memiliki refresh rate lebih tinggi dibandingkan versi sebelumnya. Sehingga kamu dapat melakukan multitasking dengan lebih smooth.

Kamu bisa mengedit konten kamu dan bolak-balik ke aplikasi media sosial dengan perpindahan yang halus. Walaupun RAM nya tidak mencapai belasan dan fitur virtual RAM akan tetapi multitasking iPhone 13 sangat baik dan teruji.

Hal ini dikarenakan chipset dan software dibuat sendiri oleh Apple sehingga menghasilkan hasil yang sangat maksimal. iPhone 13 menggunakan Chipset Apple A15 Bionic dengan GPU 5-core dan RAM 6GB.

https://static.www.gosumut.com/assets/imgbank/01042022/gosumutcom_f5mvl_520.jpg