TOBA - Puncak kegiatan peringatan Hari Pers Nasional 2022 (HPN 2022) dirangkai dengan memeriahkan perayaan HUT Kabupaten Toba ke 23 tahun 2022 oleh insan Pers dari berbagai media cetak, Online dan Elektronik yang bertugas di Kabupaten Toba bekerja sama dengan LSM menggelar acara "Diskusi Publik" bertempat di Caffe Riket.S Resto pantai 2 Pasir putih Lumban Bulbul Balige, Sabtu (12/03/2022). Guna memeriahkan HPN 2022 sekaligus Perayaan HUT Kabupaten Toba ke 22 tahun 2022 (09 Maret 1999) sebelumnya oleh para insan Pers dan LSM telah menggelar Bhakti sosial mendukung pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penukaran dan penyebaran wabah pandemi Covid-19 berikut berbagai varian barunya.
 
Bakti sosial digelar dengan membagi bagikan Ribuan Masker dan Hand Sanitazer serta melakukan sosialisasi himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi Prokes Covid-19 demi kesehatan dan keselamatan bersama mulai hari Senin, 07/03/2022 di pasar Tumpah kota Laguboti Kecamatan Laguboti dan Jumat, 11/03/2022 di pasar tumpah Balige Kecamatan Balige.
 
Sekretaris Panitia James Tambunan wartawan Hr.Mistar.com kepada gisumut.com menyampaikan, untuk acara Diskusi Publik yang digelar hari ini sesuai rencana dan hasil audensi panitia penyelenggara kegiatan, hadir sebagai pemateri dalam Diskusi Publik yang digelar Bupati Toba Ir.Poltak Sitorus dan Ketua DPRD Kabupaten Toba Efendi S.P. Napitupulu,SE dengan topik "Membangun Sinergi antar Pers, LSM dengan Pemerintah dalam mendukung percepatan pembangunan Kabupaten Toba".sebut James.
 
Lanjut James, dengan pelaksanaan kegiatan Diskusi Publik yang digelar hari ini kedepan kita harapkan hubungan insan pers dan LSM sebagai Mitra Pemerintah akan terbangun dengan sinergis.
 
Ditambahkannya, kita juga berharap melalui Bupati selaku Kepala Daerah Pemerintahan Kabupaten Toba berikut dengan para jajaran dibawahnya para kepala OPD lebih memahami dan semakin respek akan Pers berikut berbagai kebutuhannya sebagaimana yang telah di amanahkan UU Pokok Pers dan UU KIP.
 
Karena kami para insan Pers sebagai kontrol sosial sangatlah berperan penting dalam upaya mensukseskan pelaksanaan program pembangunan yang telah direncanakan di pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Propinsi khususnya secara Nasional sebagimana yang telah diamanahkan oleh Undang Undang akan tugas dan fungsi Pers dan LSM.sebut James.
 
Ketua Panitia Mariana Gultom wartawan Waspada.com menyebutkan, sebagai insan pers yang bertugas di Kabupaten Toba melalui Diskusi Publik yang kita gelar hari ini akan terbangun komunikasi yang lebih akrap dengan pemerintah Kabupaten Toba melalui Bupati dan jajarannya untuk mewujudkan program pembangunan Toba Unggul dan Bersinar melalui prinsip Batak Naraja.
 
Tentunya semua itu kita harapkan bisa terjalin melalui diskusi publik ini. Bupati akan mendengar dan menerima akan berbagai saran, masukan dan kritikan untuk peningkatan pembangunan di Kabupaten Toba secara khusus dalam peningkatan keakraban hubungan komunikasi kemitraan dengan para insan Pers dan LSM.
 
Melalui kepala OPD nya janganlah wartawan ini terkesan seperti lawan bagi mereka selaku pemangku jabatan dan kepentingan di pemerintahan Kabupaten Toba.hendakntya mereka harus lebih cakap mendekatkan wartawan kepada kepala daerah dalam mewujudkan program pembangunan yang direncanakan.
 
Kita juga berharap melalui diskusi publik ini juga kedepannya pemerintah daerah Kabupaten Toba melalui Bupati dapat merespon dan memberikan peningkatan kesejahteraan para insan pers dengan memberikan yang layak diterima oleh para wartawan sesuai dengan aturan Undang Undang dalam hal pelayanan pemberitaan di berbagai media yang disajikan oleh masing masing wartawan/i nya.sebagaimana yang telah dilakukan di beberapa Daerah Kabupaten/Kota tetangga.sebut Mariana Gultom.