PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas) drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi menyambangi Puskesmaa Kecamatan Lubuk Barumun monitoring dan evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis I dan II serta dosis III jenis vaksin Booster, Rabu (9/3/2022).

Disela kegiatan monitoring vaksinasi, Plt Bupati mengingatkan masyarakat untuk ikut berperan mensukseskan program vaksinasi sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dimasa pandemi saat ini.

"Percepatan dan upaya menanggulangi pandemi Covid-19 harus didukung semua pihak tidak hanya pemerintah,TNI -Polri, tetapi peran serta masyarakat menjadi faktor penting untuk keberhasilan pencapaian target vaksinasi," terangnya.

Kata Ahmad Zarnawi, vaksinaai ini salah satu upaya pemerintah dalam melindungi kesehatan masyarakat agar memiliki herd immunity atau kekebalan kelompok untuk terhindar dari serangan Covid-19.

"Mari kita semua untuk ikut berperan menjadi duta vaksin bagi keluarga dan lingkungan masyarakat sehingga memberi manfaat bagi perlindungan kesehatan bersama," ujarnya.

Ia juga meminta, kepada elemen masyarakat untuk tidak ragu untuk vaksin jangan terpengaruh dengan berbagai isu miring tentang vaksin.

Menurutnya, vaksin yang dikeluarkan oleh pemerintah sudah dijamin aman dan baik karena telah diuji klinisnya dan telah memperoleh izin penggunaan dari BPOM yang telah memenuhui standar opersional prosedur (SOP).

"Manfaat dan fungsi vaksin dapat membantu melindungi tubuh dari virus serta meningkatkan imunitas tubuh herd immunity sehingga penularan virus Covid-19 dapat dicegah," terangnya.

Plt Bupati berharap,seluruh petugas kesehatan yang berada di garis depan dalam mengatasi keraguan vaksinasi Covid-19,harus mampu mengedukasi dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwah vaksin itu baik untuk kesehatan.

"Petugas kesehatan jangan berdiam diri, harus jemput bola ke tengah-tengah masyarakat dengan bekerja keras sebagai ibadah yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat," pungkasnya.