PALAS - Upaya mensukseskan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di lingkungan sekolah SDN 0102 Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) peserta didik antusias ikut vaksinasi di masa pandemi Covid -19 saat ini.

"Di lingkungan sekolah SDN 0102 capaian vaksinasi sudah 62 persen karena peserta didik antusias ikut vaksin," kata Kepala Sekolah Zermina Siregar, S.Pdi,Senin (7/2/2022).

Dikatakan, pihak sekolah secara gencar mengimbau peserta didik tidak takut vaksin karena untuk menjaga imun tubuh dan membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di lingkungan peserta didik.

"Dari 89 peserta didik yang divaskin dengan rincian sebanyak 10 siswa untuk dosis I dan dosis II sebanyak 70 siswa ditambah 9 siswa lagi ikut divaksin di lokasi kegiatan gebyar vaksin Pemkab Palas," terangnya.

Zermina mengakui, dari keseluruhan jumlah siswa 700 orang yang sudah divaksin sebanyak 611 orang untuk dosis I sebanyak 431 orang dan dosis II sebanyak 180 sehingga capaian vaksimasi disekolah ini sudah mencapai 62 persen.

Untuk mensukseskan program vaksinasi anak usia 6-11 tahun, sambungnya tentu dibutuhkan teknik dan cara agar anak-anak tidak takut untuk disuntik vaksin.

"Agar orangtua dan siswa ikut proaktif untuk vaksin tentu butuh pendekatan dan penyampaian informasi secara baik agar mereka mengerti karena vaksin bermanfaat bagi kesehatan," pungkasnya.*