PALAS - Gebyar Vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang digelar Pemkab Padanglawas (Palas) diwarnai dengan berbagai hadiah doorprize bagi siswa yang sudah divaksin. Kegiatan Gebyar vaksinasi anak usia 6-11 tahun dipusatkan di lapangan Merdeka Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Senin (7/3/2022).
 
Untuk kegiatan vaksinasi itu Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Palas  menerjunkan tim vaksinator dari  Puskesmas Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Puskesmas Tanjung Botung, Kecamatan Barumun Selatan dan Puskesmas Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun dengan sasaran siswa dan siswi SD dan ikut juga siswa SMP.
 
Sambutan Plt Bupati Padanglawas yang dibacakan Sekda Arpan Nasution.S.Sos mengatakan, menyadari masa pandemi Covid -19 saat ini telah merusak tatanan kehidupan kita, perekonomian, proses pendidikan tidak bisa berjalan dengan normal.Bahkan untuk dapat memulai proses belajar mengajar tatap muka sudah tertunda beberapa kali.
 
"Wabah Covid -19 ini telah berdampak pada kondisi sosial, ekonomi, budaya, beribadah. Semua itu bukan keinginan kita dan berharap wabah ini dapat segera lepas dari kondisi pandemi," terangnya.
 
Kata Sekda, kegiatan vaksinasi Covid -19 adalah upaya agar masyarakat atau siswa sekolah dapat terlindung dari kemungkinan terpapar virus corona disease.
 
Untuk kita ketahui bersama,lanjut dia per tanggal 5 Maret 2022 Kabupaten  Padanglawas mencapai 90,12% untuk  dosis  1 dan 49,19% untuk dosis 2. Sedangkan dosis 1 anak usia 6-11 tahun mencapai 66.68% dan dosis 2 14,58%.
 
Dengan demikian,tambah Sekda, pencapaian kita masih jauh dari  target nasional 70% untuk vaksinasi dosis 2,begitu juga untuk  dosis 1 anak juga masih jauh dari harapan.
 
Berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor :  14 tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat bahwa Kabupaten Palas masuk level III.
 
"Untuk proses pembelajaran tatap muka(PTM) bagi pelajar harus dengan kriteria anak yang bisa mengikutinya adalah anak yang sudah divaksin Covid -19 dan anak yang belum divaksin mengikuti pembelajaran secara online atau daring," ujarnya.
 
Ia berharap, seluruh Camat melakukan koordinasi dengan Kepala Puskesmas dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta TNI -Polri agar melakukan penyebaran informasi terkait proses PTM dengan melibatkan Kepala Sekolah dan Komite sebagai upaya meningkatkan koordinasi di lapangan untuk tercapainya PPKM level I dan bebas dari Covid -19.
 
Dikesempatan itu Kapolres Padanglawas melalui Wakapolres, Kompol JW Sijabat SH mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Palas atas usaha kerja keras secara gencar mendukung percepatan vaksinasi anak.
 
Ia mengajak, seluruh masyarakat ikut berperan aktif mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid -19 didaerah Kabupaten Palas khususnya.
 
Sebelumnya Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Padanglawas,dr.Hj.Ummy Sahara Matondang mengayakan, kegiatan Gebyar vaksinasi Covid -19 bagi anak  sebagai bentuk langkah untuk melindungi masyarakat dan generasi penerus bangsa agar tidak terpapar wabah Covid -19 dimasa pandemi.
 
"Vaksin ini bertujuan  membentuk herd immunity atau kekebelan kelompok bagi anak sehingga kegiatan proses belajar tatap muka bisa berjalan baik," katanya.
 
Setelah divaksin, lanjut Ummy mengimbau para siswa dan siswi juga harus disiplin protokol kesehatan dengan menerapkan pola 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobolisasi.
 
Gebyar vaksinasi yang dirangkai dengan door prize bagi peserta yang telah di vaksin oleh pihak pelaksana kegiatan menyiapkan ratusan hadiah berupa  sepeda, perlengkapan alat sekolah dan bentuk makan dan minuman serta hadiah elektronik yang dipersembahkan kepada peserta.
 
Hadir di kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Palas, H.Abdul Manan MA,Pimpinan OPD se Kabupaten Palas, Direktur RSUD Sibuhuan, dr Elni Rubianti Daulay, Kepala Puskesmas se Palas dan Camat.