PALAS - Akibat intensitas hujan terus menerus, satu unit jembatan gorong gorong di Jalinsum Sumatera Sumut amblas, Senin ( 1/3/2022) menimbulkan kemacetan lalu lintas sepanjang dua kilometer.

Jembatan gorong gorong yang amblas tepatnya di Desa Mananti, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas (Palas).

Amblasnya jembatan gorong-gorong ini mengakibatkan dampak antrian panjang kendraan mobil pribadi maupun truk dari arah Sibuhuan menuju Rokan Hulu Provinsi Riau atau sebaliknya tidak dapat melintas sehingga harus antrian panjang.

Akibatnya kemacatan tidak dapat terhindarkkan. Diperkirakan kemacetan kenderaan lebih dari 2 kilometer.

Menyikapi jalinsum yang amblas tersebut sebagai upaya memperlancar arus lalulintas, personil TNI dari Koramil 09 Sosa dan personil Polri Polsek Sosa bersama dengan masyarakat dibantu Perusahaan Permata Hijau Sawit(PHS) secara bergotong royong membuat jembatan darurat dari batang pohon kelapa.

Kapolres Palas, AKBP Indra Yunitra Irawan S,IK.MSI. didampingi Kasat Lantas melalui Kapos lantas Polsek Sosa, Aiptu Kasija mengatakan, kejadian amblasnya jembatan gorong gorang di perkirakan sekitar pukul 15.30 WIB sore.

"Diperkirakan pukul 15 30 WIB, jembatan amblas akibat hujan beberapa hari terakhir belakangan ini di wilayah Hutaraja Tinggi," jelas Kasija.

Kata Kasija, dengan adanya jembatan darurat mengunakan material batang pohon kelapa yang dikerjakan secara gotong royong, kini kondisi lalulintas sudah mulai normal dan lancar kembali.

" Untuk kelancaran lalulintas saat ini masih diterapkan sistim buka tutup ," ungkap Kapos Lantas Polsek Sosa.

Ia menghimbau, kepada para pengguna jalan yang melintasi jalinsum khususnya di daerah Kecamatan Hutaraja Tinggi lebih hati hati.

"Mengingat kondisi saat ini musim penghujan sehingga kondisi jainsum yang rusak di beberapa titik rawan longsor," imbau.*