PALAS - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas (Palas) Plus Keterampilan dan Riset menggelar penamatan siswa, Selasa (1/3/2022) di pelataran halaman sekolah tersebut. Penamatan ini mengusung tema "Tingkatkan ibadah dan Ilmu ukhuwah islamiyah serta dapat mengamalkan isi kandungan dalam tatanan kehidupan Al-Qur'an".

Siswa yang akan mengakhiri masa sekolah di lingkungan MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset sebanyak 280 siswa untuk tahun pelajaran 2021/2022.

Hadir juga Kakan Kemenag Palas, H.Abdul Manan MA, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas, Hj Rosida Wati Suriani, Camat Sosa Julu, Muliadi Nasution dan Sesepuh Madrasah, Hj Syamsidar Rasmi Hasibuan serta para orang tua siswa.

Kakan Kemenag Palas, H.Abdul Manan MA mengingatkan, agar siswa tidak melakukan tindakan anarkis serta melakukan coret coret pakaian seragam sekolah.

"Sebagai siswa madrasah yang akan tamat tahun 2022 ini harus dapat menjaga almamater sekolah dengan baik yang menjadi contoh tauladan di lingkungan masyarakat dan pendidikan," harapnya.

Ia juga berpesan, para siswa terus belajar dengan giat untuk lebih berkualitas dijenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution mengatakan, jumlah siswa kelas XII yang mengikuti penamatan hari ini dan akan dilepas ke pihak orangtua sebanyak 280 siswa.

Ia juga berpesan, agar siswa-siswi yang telah mengecam pendidikan selama 3 tahun di lingkungan madrasah dapat menjadi suri tauladan yang berakhlakul karimah, sehingga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat.

Kata Mahyarni, sebelum penamatan para siswa dan siswi dilakukan khataman sehingga diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik serta dapat mengamalkan isi kandungan alquran dalam tatanan kehidupan sehari -hari.

"Setinggi apapun ilmu yang dimiliki apabila tidak memiliki akhlak yang baik, tidak akan ada gunanya," pesannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, dia menambahkan, bagi siswa yang bisa menghafal doa khataman diberikan hadiah sebagai sayembara bagi siswa yang ikut penamatan.

"Salah seorang siswa yang berhasil menghafal doa khataman bernama Subur siswa kelas XII IIS-3," pungkasnya.