PALAS - Kawasan simpang empat pasar tradisional Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas (Palas) tergenang air akibat entisitas curah hujan dalam beberapa hari belakangan ini. Tidak hanya genangan air yang meluap ke badan jalan akibat drainase yang tidak efektif, sampah buangan warga juga ikut terbawa air sehingga menimbulkan kesan kumuh, Minggu (27/2/2022) malam.
 
Salah seorang warga, Sofian Ansori Pulungan mengungkapkan setiap musim penghujan kawasan ini menjadi sasaran genangan air yang meluap dari parit yang tidak mampu menampung debit air yang mengalir.
 
"Begini kondisi simpang empat inj kalau hujan air menimbulkan genangan air dan sampah berserakan dibadan jalan akibat terbawa arus air," ungkapnya.
 
Dikatakan, penyebab genangan air ini karena tidak berfungsinya drainase serta tidak adanya perawatan dikiri kanan bahu jalan.
 
Menurutnya, kondisi seperti ini sangat berdampak menganggu penguna jalan yang melintas harus melalui genangan air dan menghindari sampah - sampah yang berserakan dibadan jalan.
 
"Kawasan ini  menjadi sasaran genangan air setiap hujan ,karena parit tidak berfungsi dan tidak ada perawatan," bebernya.
 
Warga disekitar lokasi simpang empat berharap,pihak Pemda setempat khususnya Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Palas untuk memberikan perhatian agar kawasan ini tidak terus menjadi sasaran genangan air.
 
"Lihatlah ini pak,  kalau sudah hujan menjadi genangan air dan sampahpun  ikut mengambang ditengah badan jalan.Bahkan sampai kedepan Masjid Raya Miftahul Jannah Sibuhuan yang berada disekitar kawasan ini," ungkap warga Lingkungan III banjar raja, Kelurahan Pasar Sibuhuan.
 
Kata warga, kalau sampah berhamburan seperti ini tentu menyulit penguna jalan yang melintas yang menimbulkan kerawanan laka lantas karena saling menghindari sampah.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan(DLHK) Kabupaten Palas,Ongku Bosar Daulay dikonfirmasi, Senin (28/2/2022) melalui telepon seluler tidak ada jawaban.
 
Begitu juga hal dengan Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum,Yudi dihubungi melalui telepon gengamnya juga tidak aktif.