TOBA - Lembaga Anti Narkoba (LAN) Kabupaten Toba audensi ke Polres Toba yang diterima Kasat Narkoba AKP Yugun B Marisi Sibagariang SH didampingi KBO Sat Narkoba Iptu Libertus Siahaan dan beberapa personilnya, Rabu (23/2/2022). Pada kesempatan tersebut Ketua LAN Toba Wilson Napitupulu menyampaikan apresiasi LAN Toba terhadap Polres Toba khususnya kepada Sat Res Narkoba yang telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam upaya pemberantasan peredaran penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Toba.
 
Upaya tersebut kata Wailson, untuk penyelamatan generasi penerus bangsa di masa mendatang dari akibat dan pengaruh buruk/negatif berbagai jenis narkoba yang akhir akhir ini marak beredar di NKRI secara khusus di Kabupaten Toba.
 
Kabupaten Toba saat ujar Wilson didampingi Wakil Ketua dan Bendahara LAN saat ini, di Sumut dalam peta penyalahgunaan dan peredaran Narkoba masuk dalam zona merah. 
 
Untuk itu LAN Toba meminta dengan tegas kepada Polres Toba secara khsusus Sat Res Narkoba menegakkan hukum memberantas narkoba. Dengan tidak memberikan ampun para pelaku penyalahgunaan peredaran narkoba.
 
Terkait berita adanya diduga oknum personil Polres Toba yang terlibat penyalahgunaan peredaran narkoba berpangkat Briptu dengan inisial MP dan NS, Wilson meminta ia mendesak agar diberikan hukuman dan tindakan tegas sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.
 
"Ini saya sampaikan dalam upaya penegakan Hukum terhadap oknum APH yang melanggar hukum dengan menggunakan jabatannya turut serta membantu ataupun menjadi pelaku penyalahgunaan dan peredaran Narkoba. Dimana narkoba ini salah satu musuh besar bangsa dan negara Indonesia sebagai perusak mental dan moral bangsa," ujarnya.
 
Kasat Narkoba AKP Yugun B Marisi Sibagariang SH, dalam kesempatan tersebut menyamapikan, seyogianya audensi LAN Toba akan dihadiri Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya SIK MH. Namun dikarenakan tugas luar untuk persiapan kunjungan Kapolda Sumut di Toba dalam rangaka peninjauan langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara serentak.
 
 
AKP Yugun menyampaikan grafik penangkapan pelaku tersangka peredaran narkotika oleh Sat Res Narkoba Polres Toba dalam tiga tahun terakhir jumlahnya meningkat. 
 
Kabupaten Toba lanjutnya dengan letak geografisnya, sangat strategis dalam peredaran barang haram ini. Ini dikarenakan Kabupaten Toba berada di bagian titik tengah perlintasan Jalan Negara Lintas Sumatera (Janlinsum) untuk beberapa Kabupaten di se Kawasan Danau Toba.
 
"Oleh karenanya kita harus ekstra untuk menjalankan tugas dalam hal upaya Polri untuk pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan barang haram ini di Kabupaten Toba," jelas AKP Yugun didampingi KBO Saat Res Narkoba Iptu.Libertus Siahaan.
 
Sat Res Narkoba dibawah komando Kapolres Toba AKBP.Akala Fikta Jaya SIK MH tetap komitmen menjalankan tugas dan fungsinya Polri sesuai amanah Undang Undang untuk melakukan tugas pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba tanpa pandang bulu siapapun itu para oknum pelakunya. Semua akan diproses sesuai aturan Hukum dan Undang Undang di NKRI bila memang benar terbukti.
 
Ditambahkan Yugun, Atas nama pimpinan saya sampaikan, pihaknya sangat mendukung keberadaan LAN Kabupaten Toba berikut dengan berbagai program kerja sosialnya yang sudah dan akan dikerjakan sebagai salah satu organisasi sosial Kemasayarakatan yang bergerak di bidang upaya sosialnya dalam upaya memutus mata rantai dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran Narkoba di Kabupaten Toba khususnya di NKRI dengan berbagai program kerjanya.