SAMOSIR - Wakil Pimpinan DPRD Kabupaten Samosir, Pantas Marroha Sinaga di sela padatnya aktivitas agenda kerja menyempatkan diri menghadiri undangan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) O2, Lumban Pokki, Desa Sijambur, Kecamatan Ronggur Nihuta untuk penanaman pohon yang menjadi sebagai sumber makanan lebah madu, Senin (21/2/2022).

Pada kunjungan ke Pokdarwis O2 yang bergerak dalam budidaya lebah madu, turut didampingi Kepala Desa Sijambur, Judiman Naibaho, Ketua Pokdakwis O2, Jahadin Tamba, dan Pembina Kelompok Togar Siboro.

Pantas Marroha Sinaga sangat menyambut baik usaha dari Pokdarwis O2 dengan harapan penangkaran atau budidaya lebah madu itu nantinya akan dapat menghasilkan madu yang berkualitas dan akan menjadi destinasi wisata di Kabupaten Samosir.

"Saya berharap penangkaran lebah madu ini nantinya dapat menjadi percontohan bagi daerah lain yang ada di Kabupaten Samosir," ujar Pantas.

Pada kesempatan itu, politisi dari Nasdem ini juga memberi bantuan berupa cat untuk dipergunakan mewarnai pondok-pondok yang didirikan oleh Pokdarwis O2.

Pendamping dari inspirator lebah madu Indonesia cabang Samosir, Togar Siboro, pada kesempatan itu bermohon kepada DPRD Kabupaten Samosir dan Pemerintah Daerah agar dapat memberi perhatian yang lebih serius untuk pengembangan penangkaran lebah madu itu.

"Dalam penangkaran ini, kita juga melibatkan anak-anak sekolah dengan tujuan agar Pokdarwis ini akan menjadi pusat pembelajaran bagi siswa siswi khususnya pengetahuan tentang budidaya lebah madu," ucap Togar Siboro.

Senada, Ketua Pokdarwis O2, Jahadin Tamba berharap budidaya lebah madu itu dapat didaftarkan sebagai salah satu objek pariwisata dan pemerintah dapat memberi bantuan alat penyuling madu, karena produk madu yang dihasilkan adalah madu trigona.*