TOBA - Untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan wabah Pandemi Covid-19 serta berbagai varian barunya di Kabupaten Toba diperlukan kerjasama semua pihak, termasuk dalam upaya meningkatkan capaian vaksinasi primer dan Booster.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak saat memimpin rapat penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Toba, bersama Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.ik, Dandim 0210 Taput diwakili Pabung Mayor inf.Kaminton Napitupulu di Balai Data Lantai IV Kantor Bupati Toba, Kamis (17/2/2022).

"Melihat perkembangan penyebaran Covid-19 di Toba saat ini, kita harus segera mengambil sikap tindakan cepat dan tepat dalam upaya penanggulangannya, saya harap satgas Covid di tiap desa secepatnya kita aktifkan dan tugas dan fungsinya dimaksimalkan kembali. Terkait untuk kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) agar dievaluasi," ujar Tonny.

"Satgas Covid-19 Toba dan seluruh Dinas terkait untuk bahu membahu meningkatkan capaian vaksinasi Primer dan Booster khususnya kepada para pendidik tenaga kependidikan, siswa, mahasiswa, orang tua, dan keluarga serta seluruh civitas akademika," sebut Wabup Tonny

Sebelumnya Plh Sekda Kabupaten Toba, Drs Augus Sitorus dalam arahannya meminta Satgas Covid-19 dan dinas terkait supaya melakukan survei mitigasi, bila menemukan kasus baru di pendidikan, bahkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas akan dihentikan jika positive rate lebih dari 5%.

Sesuai informasi data dari Dinas Kesehatan Toba dalam paparan kasus Covid-19 di Kabupaten Toba berdasarkan kategori profesi yakni pelajar 65 orang, petani/ wiraswasta 61 orang, tenaga kesehatan 17 orang, karyawan 14 orang, guru 13 orang, PNS 5 orang, mahasiswa 4 orang.

Total yang terkonfirmasi positif sebelumnya, Rabu (16/2/2022) sebanyak total 179 orang dan untuk informasi ketersediaan vaksin di Kabupaten Toba saat ini (stok vaksin) Pfizer 2.942 dosis, Astrazaneca 9.360 dosis dan vaksin Moderna 140 dosis.

Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta dalam arahannya meminta semua SKPD terkait dalam upaya percepatan penanganan penanggulangan Covid-19 tetap berkolaborasi dengan bahu membahu dalam percepatan target capaian vaksin, TNI dan Polri berkomitmen teguh tetap siap membantu percepatan capaian vaksinasi di Toba.ungkap Akala.

"Kalau bisa 1 minggu ke depan kita bersama sama turun kelapangan, kita gotong royong, dari desa ke desa, dari pintu ke pintu" tegas Kapolres Toba.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Audi Murphy O. Sitorus juga memberikan arahan kepada seluruh camat se-Kabupaten Toba untuk saling bekerja sama melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat yang belum vaksin di seluruh desa hingga dusun se- Kabupaten Toba. Sehingga target capaian vaksin di Toba segera terlaksana.Karena dengan vaksinasi keterpaparan Covid-19, kekebalan tubuh lebih terbentuk.

Satgas Covid-19 Kabupaten Toba dalam laporannya yang disampaikan Plt.Kepala Dinas Kesehatan Toba, dr.Juliwan Hutapea, dalam seminggu terakhir muncul sebanyak 100 lebih kasus baru yang didominasi kalangan pelajar.

Berdasarkan laporan update Satgas Covid-19 Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara per tanggal 17 Februari 2022, 36 pasien Covid-19 bertambah dari Kecamatan Ajibata (1), Lumban Julu (2), Porsea (6), Uluan (7), Sigumpar (2), Balige (2), Laguboti (5),Siantar Narumonda (1), dan Parmaksian (10) membuat jumlah pasien aktif Covid-19 Toba menjadi sebanyak 184 pasien.

Akibat bertambahnya 36 terkonfirmasi baru tersebut, membuat jumlah kumulatif kasus Covid-19 Toba menjadi sebanyak 2.655 kasus, dengan rincian 2.363 pasien sudah sembuh . 184 kasus pasien aktif dalam perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, dan kasus pasien meninggal 108 orang.lapor dr.Juliwan.

Turut hadir dalam rapat tersebut Kaban BPBD Toba dr Pontas Batubara, Kadis PMDPPA Henry Silalahi, Plt Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kabid Faskes Mangapul Pardede dan pejabat lainnya. Sementara para camat dan 19 kepala puskesmas yang hadir via zoom meeting.