TOBA - Seperti telah diprediksi oleh pemerintah bahwa di bulan Februari 2022 akan terjadi lonjakan penyebaran Covid-19 ternyata benar-benar terjadi. Dua unit sekolah SD juga terkonfirmasi postif Covid-19 sehingga pembelajaran harus dilakukan secara daring 100% dikarenakan di sekolah tersebut ada guru dan siswanya postif terkonfirmasi Covid-19.

Kabupaten Toba dalam satu minggu terakhir ini yang terkonfirmasi positif Covid 19 meningkat dengan sangat tajam. Kalau tanggal 17 Januari 2022 ada satu orang terkonfirmasi postif Covid-19 maka pada Senin (7/02/2022) berjumlah 31 kasus. Satu hari berikut (8/2/2022) kembali bertambah 3 kasus dan totalnya berjumlah menjadi 34 kasus.

Ini diketahui saat rapat koordinasi percepatan penanganan penanggulangan paparan wabah virus Covid-19 Selasa, (8/02/2022) di lantai IV ruang Balai data Kantor Bupati yang disampikan Kepala Dinas Kesehatan Toba dr.Juliwan Hutapea.

Dengan paparan Covid-19 di Kabupaten Toba yang kian hari kian merebak,saat ini menghantam 2 sekolah SD di Kabupaten Toba yang di informasikan benar terkonfirmasi Postif Covid-19.

Ricardo Hutajulu Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Toba kepada Gosumut.com ketika di konfirmasi via WhatsApp Rabu (9/02/2022) menyampaikan kondisi ini harus disikapi dengan serius bahwa kemungkinan akan bertambah kasus positif jika tidak mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 dengan serius.

Saat ditanya kebenaran 2 unit sekolah SD yang terkonfirmasi postif Covid-19, Rikardo membenarkannya.

Oleh karena hal tersebut pembelajaran di sekolah tersebut harus dilakukan secara daring 100% dikarenakan di sekolah tersebut ada guru dan siswanya postif terkonfirmasi Covid-19 sesuai hasil PCR Rumah Sakit yang memeriksa dan merawatnya.

Dengan peristiwa melonjaknya paparan Covid-19 di Kabupaten Toba, untuk seluruh sekolah SD lainnya di Kabupaten Toba diwajibkan menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas 50% (daring dan luring) dan ada yang 100% daring (dalam jaringan). ungkap Rikardo.

Disampikan Rikardo Hutajulu, untuk sekolah yang terkonfirmasi postif terpapar Covid-19 yakni sekolah SD Negeri Nomor 177072 Halado Narumonda VI Kecamatan Siantar Narumonda dan sekolah SD Negeri Nomor : 173525 Balige Kecamatan Balige. Kedua sekolah ini diwajibkan menjalankan PBM (Proses Belajar Mengajar) dengan 100% Daring (Dalam Jaringan)

Ditambahkan Ricardo, Bupati Toba selaku Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Toba mengimbau di setiap acara pertemuan maupun dalam rapat kerja dengan para ASN supaya semua disiplin mematuhi Prokes.

"Jangan lengah walaupun kita sudah divaksin supaya tetap waspada, semua Satgas harus lebih aktif dan turun ke tengah masyarakat mengimbau untuk patuhi prokes terutama di tempat keramaian, tempat ibadah, pasar terlebih dalam acara pesta, utamakan kesehatan, waspada dan tetap disiplin,"sebutnya. *