TOBA - Kunjungan kerjanya Presiden RI Ir H Joko Widodo selama 2 hari di kawasan Danau Toba dalam upaya meresmikan berbagai fasilitas pendukung sarana prasarana Destinasi Super Prioritas Danau Toba menuju Destinasi Wisata Internasional dari 5 Program Pembangunan Super Prioritas Nasional. Mulai dari Jalan By Pass hingga Dermaga Ajibata. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Toba, Drs.Lalo H Simanjuntak memaparkan sesuai jadwal Presiden RI dan rombongan akan tiba sekira pukul 09.00 Wib di Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara.

Rombongan akan disambut Forkopimda Sumut, Bupati Taput serta langsung menuju Jalan By Pass Balige di sisi jembatan Soposurung dengan berkendara mobil.

Pukul 10.40 wib rombongan RI langsung menuju ke Pasar Porsea untuk memberikan bantuan BLT ke masyarakat yang ada di Pasar Porsea.

Selanjutnya, Pukul 11.00 wib rombongan Presiden RI dan rombongan langsung melanjutkan perjalanan dengan berkendara motor (touring) menuju Kawasan Sibisa Kabupaten Toba dan Pantai Bebas Marina Kabupaten Simalungun.

Pukul 12.15 rombongan Presiden tiba di Kawasan Pantai Bebas Marina, Kabupaten Simalungun dan langsung melakukan peninjauan penataan Kawasan Pantai Bebas dirangkai dengan acara Penandatanganan Prasasti sebagai tanda peresmian kawasan Pantai Bebas dan Presiden RI akan menerima penyerahan kain adat setempat sebagai cenderamata penghormatan.

Tepat pukul 12.40 Wib Presiden RI dan rombongan dengan berkendara motor menuju Kawasan IPAL Parapat, Kabupaten Simalungun. Peninjauan penataan Kawasan IPAL Parapat dirangkai dengan Penandatanganan Prasasti sebagai tanda peresmian Kawasan IPAL Parapat. 

Pukul 13.15 Wib, Presiden RI dan rombongan dengan berkendara motor menuju Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba. Tiba di Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba untuk Ishoma, acara kemudian dirangkai dengan peninjauan dan penjelasan maket Fasilitas Pelabuhan 

Selanjutnya acara peresmian Dermaga Ajibata dan beberapa dermaga lainnya di kawasan Danau Toba.