PALAS - Petani sawah di empat desa mengeluhkan serangan hama yang merusak tanamam padi diareal persawahan di Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas), Selasa (1/2/2022). Karenanya, Dinas Pertanian khususnya penyuluh pertanian diminta turun ke lokasi, untuk menghindari gagal panen. Diperkirakan sekitar delapan hektar areal persawahan yang telah ditanami padi bakal terancam gagal panen akibat hama yang menyerang tanaman padi.
 
Areal persawahan milik kelompok tani yang terserang hama di Desa Paringgonan, Pasar Ipuh dan Desa Matondang, Kecamatan Ulu Barumun.
 
Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Leo Hasibuan mengatakan,warga petani mengeluh tentang serangan hama di pucuk tanaman padi yang berakibat padi menjadi mati.
 
"Mendengar keluhan tersebut, pihak HKTI langsung turun ke lokasi persawahan warga yang berada di areal kelompok tani Satahi Desa Matondang," katanya.
 
Kata Leo, sesuai data HKTI Palas, saat ini serangan hama telah merusak sekitar 7-8 hektar tanaman padi petani yang berdampak akan terancam gagal panen.
 
"Kita belum mengetahui secara pasti hama jenis apa ini yang merusak pucuk padi hingga mati layu," ungkapnya.
 
Pihak HKTI Palas meminta Dinas Pertanian khususnya penyuluh pertanian untuk turun ke lokasi persawahan petani yang terserang hama ini, untuk menghindari gagal panen.
 
"Kita minta perhatian Dinas Pertanian Palas untuk mengatasi permasalahan hama ini karena kemungkinan bisa mengatasi hama karena batang padi belum memasuki masa pembenihan," bebernya.
 
Leo berharap, Dinas Pertanian Palas dapat meninjau lokasi areal persawahan yang tanaman padi telah rusak karena hama. Hal ini mengingat biaya yang dikeluarkan petani sudah cukup banyak, jika terancam gagal panen tentu menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi petani yang berdampak kesulitan ekonomi.
 
"Para petani berharap pihak Dinas Pertanian Palas khususnya penyuluh pertanian segera menyikapi hal ini dengan segera karena kerasahan petani terhadap hama ini telah merusak puluhan hektar tanaman padi di wilayah Kecamatan Ulu Barumun ini," tandas Leo.