SAMOSIR - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Samosir, Pantas Marroha Sinaga menerima kunjungan panitia perayaan Taon Baru Batak 2022 dalam rangka audiensi pelaksanaan Ulaon Artia Sipaha Sada, Senin (31/1/2022) di Gedung DPRD setempat, di Parbaba, Kecamatan Pangururan.

Panitia menjelaskan perayaan Taon Baru Batak Tahun 2022 ini bertujuan untuk menjadi sarana bersilahturahmi antar masyarakat Batak, melestarikan budaya Batak, meningkatkan pariwisata di Kabupaten Samosir dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

Disebutkan juga, perayaan Taon Baru Batak ini merupakan yang pertama kali di Kabupaten Samosir dan dalam acara itu nantinya akan menampilkan antraksi-antraksi budaya batak dengan harapan nantinya acara itu akan menjadi agenda tahunan untuk pelestarian budaya Batak.

Pimpinan DPRD Kabupaten Samosir menyambut baik rencana perayaan itu.

"Perayaan Taon Baru Batak ini akan menjadi momentum untuk mengingatkan kembali bahwa kita sebagai orang Batak memiliki Taon Baru Batak," kata Pantas.

Di samping perayaan itu, ia berharap generasi penerus nantinya dapat mempelajari Habatahon sehingga budaya Batak menjadi lestari.

"Budaya Batak nantinya akan jadi filter terhadap pentrasi budaya-budaya yang datang dari luar," ujarnya.

Diakhir, Pantas Marroha Sinaga turut mengajak semua masyarakat Batak untuk berpartisipasi dalam acara yang akan dilaksanakan.

Adapun panitia yang hadir, Harry Boss Sidabutar, Nana Ruth Panjaitan, Chandra Sinambela dan Tiurma Sinaga.