PALAS - Upaya percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di wilayah Kecamatan Huristak, Kabupaten Padanglawas, Polres Palas mengunjungi sekolah SDN 0909 Huristak, Senin (24/1/2022). Kunjungan personel Polres Padanglawas ke sekolah tersebut untuk memonitoring pelaksanaan vaksinasi terhadap 174 pelajar SD dosis I jenis Sinovac.

Sebelum dilaksankan pemberian suntikan vaksin merdeka anak, petugas vaksinator terlebuh dulu melakukan screening dengan pengecekan suhu badan dan tensi darah serta wawancara mengenai riwayat kesehatan untuk menentukan apakah si anak bisa divaksin atau tidak.

Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan melalui Kasat Sabhara AKP Mhd.Husni Yusuf mengatakan, vaksinasi usia 6-11 dengan sasaran pelajar SD berlangsung di SDN 0909 Huristak berjalan aman dan lancar dengan hasil 174 siswa menerima suntikan vaksin dosis I.

"Kehadiran kita di sekolah tersebut untuk memberikan edukasi dan motivasi serta pendampingan kepada anak untuk tidak takut divaksin sebagai upaya menjaga keselamatan bersama," katanya.

Di kesempatan itu juga, Kasat Shabara Mhd Husni Yusuf mengimbau, walaupun sudah divaksin, namun anak anak juga harus disiplin protokol kesehatan dengn tetap memakai mssker, mencuci tangan serta menjaga jarak dan menjauhui kerumunan.

"Vaksin bagi anak ini bertujuan meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok atau kekebalan tubuh bagi anak agar tidak rentan terserang penyakit salah satunya Covid -19 dimasa pandemi saat ini," terang Yusuf memberikan imbauan kepada pelajar sebelum pelaksanaan vaksinasi.

Monitoring tersebut juga Bhabinkamtibmas Polsek Barumun Tengah dan Babinsa, Kepala Sekolah, Pengurus Komite Sekolah dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Huristak sebagai tenaga vaksinator.