PALAS - Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM-PAN) Kabupaten Padang Lawas menggelar musyawarah daerah yang berlangsung di kantor DPD PAN Palas, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Senin (24/1/2022). Dalam Musda BM - PAN tersebut, secara aklamasi terpilih dan ditetapkan Basaruddin Hasibuan sebagai Ketua Formatur BM-PAN Palas.

Penetapan tersebut sesuai dengan Surat Ketua DPW BM-PAN Sumatera Utara Nomor : BM PAN/02/B/K-S/012/I/2022, tertanggal 20 Januari 2022, Perihal : Penetapan Calon Ketua dan Anggota Formatur BM PAN Palas.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPW BM-PAN Sumatera Utara Mora Harahap dan jajaran pengurus BM-PAN Sumatera Utara Lainnya termasuk Jahiddin Daulay dan Anto. Ketua DPD PAN Padang Lawas Sufriady Halomoan Hasibuan MM, Sekretaris DPD PAN Padang Lawas Agus NST, Ketua MPPD PAN Padang Lawas Sahrun Hasibuan.

Hadir juga Pengurus Harian DPD PAN Padang Lawas termasuk para Wakil Ketua dan Wakil Sekretaris, Bendahara DPD PAN Padang Lawas Sarifa Hannum Siregar, Ketua BM-PAN Palas sebelumnya Syarif Loebis dan calon pengurus DPD BM-PAN Palas.

Ketua BM-PAN Palas sebelumnya, Syarif Loebis mengatakan, selama ini kepengurusan BM-PAN Palas sudah banyak memberikan kontribusi bagi kemajuan dan perkembangan Partai Amanat Nasional Kabupaten Palas.

"Kedepan siapapun yang menakhodai kepengurusan BM-PAN Padanglawas harus bisa lebih meningkatkan hubungan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan DPD PAN Padang Lawas," kata Syarif.

Di kesempatan itu, Ketua MPPD PAN Padang Lawas Sahrun Hasibuan berharap, para pengurus DPD BM-PAN Palas harus bisa menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan DPD PAN Palas.

"Kedepan tugas kita semakin berat untuk tetap mempertahankan atau lebih meningkatkan perolehan suara dan kursi DPRD dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Saya berkeyakinan dengan kepengurusan DPD PAN Palas dibawah nakhoda Sufriady Halomoan Hasibuan, kedepan perolehan suara dan kursi DPRD Palas bisa ditingkatkan atau minimalnya dipertahankan," ujar Sahrun.

Menurut Sahrun, hal itu bisa terwujud dengan bantuan para pengurus BM-PAN Palas yang baru terpilih atau semua kader PAN yang tetap solid berjuang untuk membesarkan partai ditengah masyarakat.

Ketua DPD PAN Padanglawas, Sufriady Halomoan Hasibuan menyampaikan selamat datang kepada Ketua DPW BM-PAN Sumut Mora Harahap yang masih menyempatkan diri hadir di Kabupaten Palas untuk Musda BM-PAN Palas.

Kedatangan Ketua DPW BM-PAN Sumut diyakini akan memberikan peluang kepada Pengurus DPD PAN Palas untuk bisa lebih meningkatkan hubungan komunikasi dan jalinan kerjasama yang baik dengan BM-PAN Palas dalam memasyarakatkan PAN ditengah masyarakat.

"Dengan adanya bimbingan Ketua DPW BM-PAN Sumut kepada pengurus DPD BM-PAN Palas, tentu menjadi momentum meningkatkan perolehan suara dan kursi DPRD dari Partai PAN pada pemilu 2024 mendatang," terangnya.

Melalui momentum ini, lanjut Sufriady, Pengurus DPD PAN dan Pengurus DPD BM-PAN Palas untuk bersama-sama menempatkan saudara/family dan relasi untuk ikut bergabung di dalam kepengurusan tingkat kecamatan dan ranting desa.

"Saat ini, DPD PAN Palas fokus untuk mencari para pengurus ditingkat ranting/desa, diharapkan Pengurus DPD BM-PAN Palas bisa mengajak para keluarga dan relasi bergabung di Partai Amanat Nasional, baik menjadi pengurus kecamatan begitu juga dengan pengurus ranting/desa," ungkapnya.

Sufriady juga menjelaskan, dalam waktu dekat ini DPD Palas akan membuka pendaftaran untuk proses perekrutan pencalegkan dini, bagi masyarakat yang berkenan bergabung dengan PAN untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif.

"Kita membuka peluang bagi masyarakat yang berkeinginan maju sebagai anggota DPRD, maka PAN siap sebagai perahunya," tambahnya.

Ia juga berharap, pengurus BM-PAN Palas nantinya berperan dalam membesarkan PAN, paling minimal memilih PAN di pemilu 2024 mulai dari tingkat Kabupaten sampai Pusat.

Ketua DPW BM-PAN Sumatera Utara Mora Harahap mengucapkan, terimakasih kepada Pengurus DPD PAN Palas yang telah bersedia memfasilitasi acara Musda BM-PAN Palas di Kantor DPD PAN Palas.

"Kepada Pengurus BM-PAN Palas yang lama Syarif Loebis diucapkan terimakasih atas dedikasinya selama ini yang telah mengembangkan BM-PAN di Kabupaten Palas," katanya.

Sebaliknya, kepada Basaruddin Hasibuan yang terpilih sebagai Ketua BM-PAN Palas diharapkan bisa lebih meningkatkan hubungan komunikasi dan kerjasama yang baik dengan DPD PAN Palas serta bisa mengabdi tengah-tengah masyarakat.

"Sebagai kader partai milenial sudah selayaknya bisa mengajak para pemuda untuk memberikan darma bhakti ditengah-tengah masyarakat dalam setiap momen sosial dimasyarakat BM-PAN selalu ambil andil," kata Mora Harahap.

Secara terpisah, Ketua DPD BM-PAN Palas terpilih, Basaruddin Hasibuan menyatakan, dirinya beserta dengan pengurus DPD BM-PAN Palas siap untuk menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan DPD PAN Palas.

"Kita selaku salah satu badan organisasi Partai Amanat Nasional, selalu siap bekerja untuk meningkatkan perolehan suara dan kursi DPRD pada pemilu 2024 mendatang," ungkapnya.