PALAS - Pemerintah Kabupaten bersama Polres Padanglawas (Palas) sudah memulai program vaksinasi anak usia 6-11 tahun bagi pelajar.

Layanan vaksinasi tersebut tersedia di beberapa sekolah di Kabupaten Palas untuk pemberian vaksin sinovac terhadap pelajar SD dan MI.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas, Hj Rosida Wati Suriani melalui Sekretaris, Syahdin Daulay menjelaskan setidaknya ada 34.122 anak usia 6-11 tahun yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19.

Ia berharap, dukungan orangtua siswa terhadap program vakinasi ini sangat penting agar sianak tidak takut divaksin demi untuk kesehatan dan keselamatan bersama.

"Untuk mencapai cakupan target vaksinasi anak, harus dibarengi dengan kerja keras semua pihak termasuk duta vaksin untuk mengajak orangtua siswa memberikan pemahaman kepada anak bahwa vaksin itu bermanfaat bagi kesehatan," imbuhnya.

"Sekolah yang sudah melaksanakan vaksinasi sampai hari ini berjumlah 76 SD dari jumlah 191 sekolah yang tersebar di 17 Kecamatan se Kabupaten Palas," katanya.

Selain sekolah SD, sambungnya terdapat 14 Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang juga melayani kegiatan vaksinasi bagi pelajar usia 6-11 tahun.

"Sesuai data dari pihak Satgas Covid-19 Pemkab Palas sampai kemarin jumlah siswa yang telah divaksin sebanyak 2.100 dan belum termasuk input data pertambahan hari ini," ungkap Syahdin.

Sebelumnya Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi disela peninjauan pelaksanaan vaksinasi di SDN 0101 Sibuhuan, Jumat (21/1/2022) mengimbau, kepala sekolah dan guru - guru mendukung Polri mensukseskan vaksin Merdeka anak usia 6-11 tahun.

"Kita berharap para orangtua siswa memberi edukasi dan semangat serta izin agar anak -anak ikut vaksin untuk meningkatkan herd immunity yang membentuk kekebslsn tubuh bagi sianak sehingga tidak rentan terserangan penyakit,"harapnya.

Kapolres juga mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama ikut berperan mensukseskan program vaksinasi anak untuk mewujurkan generasi sehat dan cerdas.

"Peran orangtua siswa serta guru - guru di lingkungan pendidikan dalam pelaksanaan vaksinasi anak memiliki indikator penting untuk mencapai target capaian vaksinasi sesuai dengan sasaran siswa SD dan MI," pungkasnya.

Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi bersama Ketua Bhayangkari Cabang Palas, Nyonya Indah Indra Yanitra memberikan semangat kepada pelajar yang divaksin dengan memberikan bingkisan paket snack bagi yang sudah divaksin di sejumlah sekolah saat peninjauan.