ASAHAN - Sebagaimana tugas polisi yang kerap berupaya melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat serta menciptakan situasi Kamtibmas, personil Polres Asahan terus menjalin komunikasi dan juga sinergi dengan cara melaksanakan Khotbah Minggu Damai Kamtibmas (Komidamas).

Kali ini, Kasi Humas Polres Asahan, Ipda Carles Sianipar melakukan Komidamas di Gereja GBIK, Jalan Durian, Kelurahan Kisaran Naga, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Minggu (16/1/2021).

Ipda Carles Sianipar memberikan himbauan dan nasehat yang baik kepada para jemaat. Dia menyampaikan tujuan dari kegiatan Komidamas ini guna memberikan pesan kamtibmas dari Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira agar para jemaat meningkatkan toleransi antar umat beragama dan saling menghargai untuk menjalin kebersamaan serta menjauhi paham radikalisme serta tidak mudah terhasut oleh kelompok-kelompok yang bertentangan dengan pemerintah.

Perwira berpangkat satu balok emas di pundaknya itu juga menasehati para remaja agar terhindar dari bahayanya peredaran dan penyalahgunaan narkotika.

"Kepada para remaja gereja agar selalu menjauhi narkoba, apabila ada dilihat temannya remaja yang sudah teridentik menggunakan narkoba, berikan nasehat dan kalau tidak bisa lagi diberikan nasehat, laporkan kepada orang tuanya, supaya nantinya orang tuanya yang memberikan nasehat-nasehat lebih lanjut," ujar Ipda Charles Sianipar.

Selain itu, polisi yang sudah lama memiliki hubungan erat dengan wartawan itu juga menghimbau kepada para jemaat agar tertib berlalulintas, dengan selalu memakai helm apabila mengendarai sepeda motor dan melengkapi kelengkapan kendaraan seperti surat-surat STNK, SIM dan tidak melakukan ugal-ugalan di jalan apabila sedang mengendarai sepeda motor atau mobil.

"Gunakan helm bagi pengendara sepeda motor dan jangan ugal-ugalan di jalan ketika kita berkendara mengendarai sepeda motor maupun mobil," ujarnya.

Selaku Kasi Humas, Ipda Carles tentunya juga memberikan pencerahan agar umat tidak gampang terprovokasi oleh berita-berita hoax.

"Bijaklah menggunakan media sosial, jangan terus mudah terpancing dengan postingan orang di media sosial. Semua informasi yang ada di media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram itu belum tentu fakta. Fahami bentuk beritanya dan jangan tertipu dengan berita hoax," tuturnya.

Terakhir, Kasi Humas juga memberikan pesan agar selalu mematuhi Protokol kesehatan di masa pandemic Covid 19.

"Jika keluar dari rumah seluruh jemaat beserta pengurus dihimbau untuk selalu pakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun dan air yang bersih, jauhi kerumunan, jaga jarak dan kurangi mobilitas apabila tidak penting lebih bagus di rumah saja," pesannya.

Dalam kegiatan tersebut, Kasi Humas Polres Asahan memberikan 2 kotak masker yang dibagikan kepada para jemaat Gereja GBIK. Kegiatan itu juga berjalan sesuai dengan protokol kesehatan.*