PALAS - Anggota DPR RI Komisi VIII H.Iskan Qolba Lubis akan memfasilitasi  Pemkab Palas untuk pemulihan dampak bencana dengan mengajukan usulan ke BNPB agar memberikan bantuan bagi131 rumah yang hanyut dan rusak berat  pasca banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padanglawas (Palas). Hal diungkapkan putra daerah Palas, Iskan Qolba Lubis dengan kegiatan peninjauan dengan turun kelokasi ke Kecamatan Batang Lubu Sutam, Minggu (16/1/2022).
 
Ketika meninjau lokasi banjir bandang, Iskan Qolba langsung melakukan kontak telepon seluler dengan pihak Kementerian Sosial dan BNPB Pusat.
 
Iskan meminta Plt Bupati Palas drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu segera  mengajukan permohonan kepada  Kementerian Sosial dan BNBP Pusat agar bantuan segera terealisasi.
 
"Saya akan fasilitasi Pemkab Palas ke pihak BNPB dan Kemensos untuk mendapatkan  bantuan rumah sementara atau dibangun langsung sebagai penganti rumah yang hanyut dan rusak berat,"ungkapnya.
 
Kata Iskan Qolba, dari pihak BNPB untuk bantuan rumah warga yang hanyut dan rusak berat akan mendapat bantuan Rp 50 juta per rumah yang akan diusulan bersama Pemkab Palas.
 
"Insyaallah kami bersama Bapak Plt  Bupati Palas akan ke Jakarta beberapa hari ini supaya proses bantuan untuk warga akan lebih cepat terealisasi," katanya.
 
Ia juga meminta, kepada Dinas Sosial Palas untuk mempersiapkan syarat - syaratnya dan proposal untuk diajukan ke BNPB dan Kemensos dengan secepatnya.
 
"Proposal sudah dapat dimasukkan agar segera dipersiapkan persyaratan supaya anggaran segara cair, karena sistem anggaran negara seperti itu, termasuk KTP korban, surat keterangan, mungkin surat kepemilikan sudah hilang, tapi kita minta kepala desa memastikan tanah tersebut memang miliknya," ungkap anggota DPR RI Komisi VIII.
 
Dalam persoalan ini lanjutnya Menteri Sosial RI ,Tri Rismaharini, siap membantu bahkan dia langsung datang ke lokasi banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam Ini 
 
Iskan Qolba berharap, masyarakat tetap tenang dan berdoa, Insyaallah negara selalu akan hadir dan tidak akan membiarkan korban bencana banjir bandang.
 
Sementara Zarnawi Pasaribu mengatakan, pihaknya akan segera mempersiapkan apa yang diperlukan oleh pihak Kementerian Sosial dan BNPB untuk realisasi bantuan terhadap warga bencana banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam ini.
 
"Warga yang terdampak bencana akan kita upayakan mendapatkan bantuan dari pihak BNPB dan Kemensos RI untuk pengganti rumah yang hanyut dan rusak berat akibat banjir bandang," katanya.
 
Kunjungan peninjauan ke lokasi bencana banjir bandang, Iskan Qolba Lubis didampingi Plt Bupati Palas drg H.Ahmad  Zarnawi Pasaribu, Kadis Sosial H.Achmad Fauzan Nasution, Kepala BPBD H.Amit Hadi Nasution, Kadis Kominfo, Agustina Ritonga SH, Kasatpol PP Agus Saleh Syahputra Daulay, Anggota DPRD Palas dari Fraksi Golkar, Hamidi Pasaribu dan Fraksi Hanura, Mara Kumpul Nasution dan tokoh masyarakat.