PALAS - Status tanggap darurat bencana di Kecamatan Batang Lubu Sutam berubah menjadi pemulihan bencana. Hal itu terungkap dikegiatan evaluasi masa tanggap darurat yang berlangsung setelah 14 hari dilakukan rapat evaluasi Pemkab Palas bersama Forkopimda yang dipimpin Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi  didampingi Sekda Arpan Nasution, Jumat (14/1/2022) di Desa Tanjung Baru.
 
"Status tanggap darurat ini tidak diperpanjang mengingat kondisi  wilayah yang terimbas bencana saat ini memasuki tahap pemulihan," kata Plt Bupati Palas.
 
Dikatakan, status tersebut diubah menjadi pemulihan untuk penanggulangan bencana selama 1 bulan kedepan terhitung mulai 15 Januari 2022.
 
“Iya hingga 1 bulan kedepan masa transisi status darurat bencana berubah ke pemulihan untuk penangulangan bencana untuk masa pembersihan lumpur dirumah warga dan kayu kayu yang masih ada difasilitas umum," ungkap Plt Bupati Palas.
 
Ia menambahkan, status tersebut merupakan hasil rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama dengan Pemkab dan BPBD Palas.
 
"Tidak di perpanjangan status tanggap darurat menjadi  transisi pemulihan bencana  tersebut lantaran rehabilitasi dan evakuasi telah selesai di beberapa titik lokasi desa yang dilanda banjir Sutam," sambungnya.
 
Ia mengaku, sejumlah pelayanan  teknis atau pelayanan kesehatan dan dapur umum serta kebutuhan dasar sandang pangan telah terpenuhui  untuk membantu warga korhan bencana di titik paling parah yang dilanda bencana. 
 
Plt Bupati Palas menambahkan, seluruh stakeholder telah diterjunkan sejak bencana sampai status tanggap darurat bencana yang berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 1-14 Januari 2022.
 
"Upaya Pemkab menerjunkan ASN dan TKS jajaran pemerintahan  melalui  organisasi perangkat daerah untuk membantu warga kegiatan pembersihan rumah -rumah warga yang terdampak banjir dan pelayanan sudah dilakukan secara maksimal sebagai kepedulian pemerintah," ujarnya.
 
Kegiatan kegiatan gotong royong, sambungnya untuk pekerjaan  kebersihan massal telah dilaksanakan dengan cara  bahu membahu bersama warga untuk pemulihan pasca bencana.
 
"Kegiatan pembersihan lumpur banjir dirumah warga telah selesai dilaksanakan di wilayah Batang Lubu Sutam, tinggal hanya pembersihan badan jalan umum," tambahnya.