PALAS -  Kalangan ulama dari berbagai pondok pesantren yang tergabung di Badan Silaturrahim Pesantren Padanglawas (BSPPL) dan Kementerian Agama (Kamenag) dan Madrasah se Kabupaten Palas menyalurkan donasi bantuan bagi korban bencana banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam. Bantuan donasi yang diberikan bagi korban bencana banjir bandang berupa sembako, pakaian layak pakai, peralatan dapur senilai Rp 20 juta ditambah  uang tunai Rp 26 juta ke posko utama penanggulangan bencana alam Pemkab Palas di Desa Tanjung Baru.
 
Secara simbolis bantuan  tersebut, diserahkan Kakan Kemenag Palas, H Abdul Manan kepada Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu disaksikan Ketua BSPPL Palas H Pauzan Hamidy Hasibuan, Ketua NU Palas Drs. H Syafaruddin Hasibuan MA . Ketua MUI Palas, H Ismail Nasution, Sekretaris BSPPL Palas Misbah Fuadi Hasibuan dan Kadis Sosial Palas H Achmad Fauzan Nasution.
 
“Semoga bantuan seadanya ini, dapat membantu dan bermanfaat bagi para saudara saudari kita  korban bencana banjir diwilayah Kecamatan Batang Lubu Sutam ini," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Palas, H Abdul Manan MA yang diamini para ulama yang ikut saat penyerahan bantuan peduli bencana, Jumat (7/1/2022).
 
H.Abdul Manan berharap agar seluruh korban dapat sabar dan tabah menghadapi cobaan peristiwa banjir bandang tersebut. 
 
Disisi lain, ia mengajak seluruh jajarannya serta pengurus dan anggota BSPPL Palas untuk mendoakan secara  bersama - sama agar seluruh korban banjir bandang diberikan kekuatan dan ketabahan  dan rezeki dari  Allah SWT.
 
Senada dengan Kakan Kamenag, Ketua BSPPL Palas, H.Pauzan Hamidy Hasibuan mengatakan bantuan peduli bencana ini sebagai bentuk empati dan rasa prihatin dengan duka yang dialami masyarakat atas musibah banjir bandang tersebut.
 
"Didasari dari panggilan hati nurani yang dilandasi keikhlasan semua pihak bergerak untuk meringankan beban para korban bencana untuk berlomba -lomba untuk kebaikan untuk kegiatan ibadah," ujarnya.
 
Sementara Plt Bupati Palas, drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Kemenag Palas dan BSPPL dan Madrasah atas bantuan peduli bencana untuk korban  banjir bandang.
 
Ia juga berharap, hubungan silaturrahmi dan sinergitas antara pihak Pemkab Palas dengan Kemenang Palas serta  BSPPL terus terjalin dan kedepan semakin baik.
 
Turut hadir di kegiatan penyerahan bantuan peduli bencana sejumlah pimpinan Ponpes dan Kepala Kantor Urusan Agama se Kabupaten Palas.