BATUBARA - Pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan di masyarakat. Terutama, kesehatan dan pendidikan yang membuat aktivitas menjadi terhambat karena adanya pembatasan aktivitas sosial.

Tetapi hal itu bukan menjadi penghalang untuk bisa beraktivitas seperti biasanya hanya saja ada beberapa penerapan dan adaptasi berkelanjutan terhadap kebiasaan baru di era Pandemi Covid-19.

Untuk itu Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Program Study Teknik Logistik, Hafizuddin Al Ansari melaksanakan Kuliah kerja Nyata (KKN) tematik dengan berfokus pada pengembangan inovasi kesehatan juga pendidikan di Desa Pulau Sejuk Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu bara.

Hafizuddin Al Ansari yang mengaku bergerak sendiri, untuk berkontribusi dalam pengembangan kesehatan dan pendidikan di desa. Karena kesehatan dan pendidikan merupakan aspek yang sangat fundamental keberadaannya dalam kehidupan sehari hari.

Disinfektanisasi di masjid

Dengan rentang waktu KKN dari mulai November – Desember 2021, Hafizuddin Al Ansari menuturkan kegiatan ini bermanfaat dan memberikan dampak postif terhadap masyarakat Pulau Sejuk di bidang kesehatan dan pendidikan.

Sementara kegiatan yang digelar selama KKN di antaranya, membuat produk inovatif kesehatan dari tanaman herbal yang ada di pekarangan rumah, melakukan disinfektanisasi di masjid dan SD.

Kemudian, mengedukasi perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat, membantu pembelajaran di sekolah melalui program peningkatan literasi, mengontrol dan membantu tingkat vaksinasi serta kegiatan masyarakat desa di era pandemi.

Kegiatan ini disambut baik masyarakat dan perangkat. Dalam menjalankan program ini juga berkolaborasi dengan menggandeng tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga tenaga kesehatan yang ada di Desa Pulau sejuk.