PALAS -  Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Padanglawas (Palas) menyosialisasikan peningkatan kepatuhan dan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi guru mulai SD sampai SMP se Kabupaten Padanglawas (Palas), Kamis (23/12/2021) di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan. Hal itu sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi Nomor: 8 Tahun 2021 tentang peningkatan kepatuhan dan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan pada status pendidikan formal dan non formal.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padanglawas, Wahyudi mengatakan, kegiatan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan jaminan sosial ini harus didorong semua pihak termasuk kalangan guru ASN dan Honorer di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas.

Menurutnya, kalangan tenaga pendidik di lingkungan kerja Dusdikbud yang berkaitan dengan ketenagakerjaan harus memberikan jaminan sosial bagi guru-guru sehingga bermanfaat untuk keluarga dan pekerja itu sendiri.

Melalui sosialisasi ini, ia berharap dukungan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendaftarkan para guru honorer yang jumlah mencapai 1300 orang di daerah ini.

Kadis Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Palas, Hj Rosida Wati Suriani mengatakan, akan menindak lanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor :8 Tahun 2021 tentang peningkatan kepatuhan dan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut.

Ia berjanji untuk segera mendaftarkan guru honorer yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayan yang jumlah mencapai 1300 orang akan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palas.

Rosida menambahkan, pihaknya sangat mendukung program BPJS  Ketenagakerjaan bagi guru honorer di lingkungan kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas.

"Kita akan daftarkan para guru honorer sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan mulai Januari 2022 mendatang," kata Hj Rosida.

Kegiatan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan tersebut dihadiri 230 Kepala Sekolah SD dan SMP se Kabupaten Palas.