TAPSEL - Berkaitan pengamanan Operasi Lilin menyambut hari besar keagamaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) mencek kesiapan Pos Pengamanan (Pos cek point). "Peninjauan ini penting, melihat sudah sejauh mana persiapan seluruh personel maupun kelengkapan akomodasi pada setiap pos," ucap Kapolres saat meninjau Pos Pam Parsariran, di Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa (21/12).

Untuk kegiatan Pos Pam hari ini, jelas Roman, merupakan bagian Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) 17-23 Desember 2021 sebelum kegiatan operasi lilin dimulai.

Operasi lilin mulai 24 Desember 2021, petugas Pos Pam akan melakukan pencegatan mencek warga luar daerah masuk wilayah hukum Polres Tapsel diwajibkan membawa kartu vaksin untuk scan barcode melalui alat sudah disiapkan.

"Bagi warga yang tidak memiliki kartu vaksin/android akan dilakukan pengecekan NIK yang ada pada KTP bersangkutan," kata Kapolres didampingi Kasat Lantas AKP Sofyan Helmi SH dan Kabag Ops Kompol Abdi Abdillah, dan Camat Batang Toru Arman Pasaribu.

Jika pendatang (melintas) belum di vaksin, lanjut Kapolres, akan disuntik vaksin. Namun bila masih vaksin dosis satu akan disuntik vaksin dosis dua setelah jadwal penyuntikan dosis dua dicek lebih dulu melalui aplikasi pedulilindungi.

"Tujuan pemerintah menerapkan ini semua adalah baik demi menjaga sekaligus melindungi kesehatan seluruh rakyat Indonesia dari penyebaran/penularan Covid-19 dan mengantisipasi varian virus baru Omicron," sebutnya.

Disisi lain, kegiatan Pos Pam melibatkan sejumlah personel TNI - Polri, Pemkab Tapsel dan lainnya ini merupakan kesempatan bagi seluruh warga untuk bisa mendapatkan vaksin Covid-19.

"Setelah operasi lilin berakhir 2 Januari 2022, KRYD akan berlanjut mulai 3-9 Januari 2022," kata Kapolres.

Kasat Lantas dalam kesempatan itu juga mengimbau kepada warga untuk tidak melakukan perjalanan jauh bila tidak penting untuk menghindari penyebaran Covid-19.

"Bila juga bepergian jauh, diharap bagi pengguna jalan khusus melintasi wilayah hukum Polres Tapsel lengkapi diri dengan vaksin, serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas sepanjang perjalanan agar selamat sampai tujuan," pesannya.