PALAS - Setelah melakukan razia vaksinasi di lapangan Merdeka Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Plt Bupati Padanglawas (Palas) bersama Forkopimda monitoring keliling pelakasanaan vaksinasi massal di Desa Sayur Maincat, Kecamatan Barumun Selatan (Barsel ), Senin (20/12/2021) malam. Vaksinasi massal di Desa Sayur Maincat, Kecamatan Barumun Selatan berlangsung hingga larut malam yang baru selesai sekitar pukul 23.00. 
 
Masyarakat terlihat antusias mengikuti vaksinasi di Gedung Serbaguna Desa Sayur Maincat, hingga rela antrian sampai malam hari untuk disuntik vaksin oleh tim vaksinator dari Dinkes Palas dan jajaran Puskesmas.
 
Plt Bupati Padanglawas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si bersama Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan mengapresiasi warga Desa Sayur Maincat yang cukup antusias ikut vaksinasi massal.
 
"Serbuan vaksin oleh warga desa ini tergolong peduli kesehatan yang ikut berpartisipasi mensukseskan program vaksinasi nasional serta dalam rangka memenuhi target 70 persen vaksin dosis satu hingga akhir tahun 2021," ujar Plt Bupati yang diamini Kepala Desa Sayur Maicat, Torkis Siregar dan warga.
 
Sementara, Kapolres Padanglawas,AKBP Indra Yanitra Irawan mengatakan, antusias warga di desa ini membuktikan pentingnya untuk vaksin dan menjaga kesehatan dari serangan wabah virus corona. 
 
Kata Kapolres, hal ini dibuktikan dengan tingkat kehadiran warga yang berbondong -bondong mendaftar diri kepetugas vaksinator untuk divaksin dan tetap sabar menunggu giliran hingga larut malam.
 
"Kita optimis angka capaian vaksinasi didesa ini mencapai 90 persen, jika dilihat serbuan warga yang ingin vaksin sampai malam hari," ujarnya.
 
Ia berharap, desa desa yang lain di wilayah Kabupaten Palas ini dapat terus bergerak dengan gencar untuk kegiatan vaksinasi dalam membantu pemerintah untuk program vaksinasi. 
 
Sebelumnya, Kepala Desa Sayur Maincat, Torkis Siregar mengatakan, sampai saat ini capaian vaksinasi didesa ini sudah mencapai 90 persen dari target 1300 orang.
 
"Dari target 1300 orang warga sasaran vaksin,sebanyak 1170 orang yang sudah disuntik vaksin," terangnya.
 
Torkis menambahkan, untuk kegiatan vaksinasi malam ini, Senin (20/12/2021) belum direkapitulasi hasilnya karena masih berlangsung hingga larut malam ini.
 
Dia optimis sesuai target untuk 1300 orang akan tercapai dalam beberapa hari ini dengan capaian 100 persen.