SERGAI - Masyarakat di Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, merasa senang melihat kondisi jalan yang dulunya rusak dan berdebu, kini sudah terlihat bagus dan mulus.
Pembangunan jalan tersebut di Jalan Pendidikan menuju Jalan Potean, Desa Suka Damai, Kecamatan Sei Bamban. Bahkan Pengaspalan jalan hotmix sepanjang 525 meter dengan lebar 3,5 Meter.

Kemudian jalan di Simpang Obor sampai ke Kampung Lalang, Desa Suka Damai, Kecamatan Sei Bamban sepanjang 891 meter juga diaspal hotmix dengan lebar 4 meter. Pembangunan semua jalan di desa tersebut diambil dari dana APBD senilai Rp2,5 miliar.

Mahnun Haliza, salah satu warga desa Suka Damai Jalan Pendidikan, Dusun enam, Kecamatan Sei Bamban, Kamis (16/12/2021) mengatakan, sangat merasa senang dan gembira karena jalan telah dibangun dengan bagus dan mulus.

"Saya tinggal di jalan pendidikan sejak tahun 1962, Pembangunan pengaspalan yang dilakukan pada Desember itu adalah pengaspalan yang kedua kalinya yang pernah dilakukan di desa ini," ujar Mahnun Haliza.

Menurutnya, pengaspalan pertama dilakukan pada masa kepemimpinan Tengku Erry Nuradi. Kemudian sejak saat itu tidak pernah diaspal lagi.

Hal itu membuat jalan di desanya sangat jelek dan berlubang. Kondisi tersebut semakin parah ketika hujan. Jalanan banyak lumpur, sedangkan di kondisi kemarau banyak abu beterbangan.

“Jalan ini pertama kali diaspal pasa masa Tengku Erry sebagai bupati Sergai. Lalu sekarang lah yang kedua kalinya diaspal. Setelah diaspal seperti sekarang ini saya merasa sangat senang,” ujarnya sembari menggendong anaknya.

Haliza juga berharap kepada pemerintah agar pembangunan jalan tidak terhenti hanya sampai di jalan desa tempat ia tinggal. Tapi pembangunan terus dilakukan ke tiap-tiap desa yang membutuhkan infrastruktur pembangunan jalan.

“Ya kalau jalan yang rusak kek desa kami ini kian, ya diaspal juga lah. Nah ini jalan ini tembus ke jalan Potean,” ujar wanita yang berusia 59 tahun ini.

Sementara itu, dalam peresmian jalan tersebut, Bupati Darma Wijaya mengatakan, kegiatan ini untuk syukuran atas jalan baru sepanjang 525 m x 3,5 M di Jalan Pendidikan - Potean dan 891 x 4 meter di Jalan Simpang Obor - Kp Lalang Desa Suka Damai Kecamatan Sei Bamban.

"Ini tanda bahwa dimulainya tanggung jawab atas lalu lalangnya kendaraan. Dijaga dari tonase kendaraan yang melampaui. Kalau bisa usianya panjang hingga 10 tahun agar bisa fokus membenahi ruas jalan lain yang masih butuh perhatian," pungkasnya.