PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas) drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu melepas 46 santri dari berbagai Pondok Pesantren yang akan mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) Sumut Tahun 2021.

"Kabupaten Palas mengirim para santri dan santriwati pada ajang Pospeda tingkat Privinsi Sumut di Kabupaten Deli Serdang," katanya, saat meleps para santri di lapangan Komplek SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Kamis (16/12/2021)..

Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan, pembinaan generasi muda dalam bidang olah raga dan seni perlu ditumbuhkembangkan agar menjadi insan yang sehat jasmani dan rohani.

Selain itu, katanya Pospeda dapat menjadi ajang silaturahmi dikalangan santri serta pondok pesantren untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Zarnawi juga meminta, kepada kontingen untuk senantiasa menjaga kehormatan dan kebanggan daerah, juga memberikan citra positif lingkungan dan marwah pondok pesantren di Palas.

“Buktikan bahwa pondok pesantren, tidak saja sekedar diajarkan mengaji Alquran dan kitab kuning serta hal-hal terikat antara pencipta dengan mahkluknya secara vertikal.Tetapi di pondok pesantren juga dipupuk nilai-nilai sportifitas untuk saling menghargai sesama manusia secara horizontal,” ujarnya.

Terpisah Ketua BSPPL H.Paujan Hamidy Hasibuan SAg mengatakan, optimis Kabupaten Palas meraih juara diajang Pospeda Sumut.

“Kita akan berjuang mempertaruhkan jiwa dan raga untuk kemenangan buat nama Kabupaten Palas, mudah mudahan kita berhasil menjadi juara untuk kali ini," harapnya.

Paujan juga menambahkan ada sembilan cabang perlombaan yang dipertandingkan, terdiri dari 4 cabang olahraga dan 5 cabang seni. Perlombaan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 18 Desember sampai 23 Desember 2021 di Deli Serdang, imbuhnya.

Tampak hadir pada pelepasan santri ini, Kakan Kamenag Palas, H.Abdul Manan MA, Kadisporapar M Rasyidi Hasibuan MM dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Palas.