SUBULUSSALAM - Satu jenazah pria ditemukan di sungai di Subulussalam, Aceh. Mayat itu diidentifikasi sebagai sopir mobil yang masuk ke jurang di Pakpak Bharat, Sumatera Utara (Sumut) yang berbatasan dengan Subulussalam, Provinsi Aceh.

"Identitas korban adalah Arman Yusuf (50), pengemudi travel Toyota kijang Innova. Korban warga Aceh Barat," kata Kapolres Subulussalam AKBP Qori Wicaksono saat dikonfirmasi, Selasa (14/12/2021).

Qori mengatakan jenazah korban diidentifikasi berdasarkan ciri-ciri khusus, di antaranya jam tangan, cincin, serta bekas luka terkena parang di jari telunjuk ketika Arman remaja. Data itu diperoleh dari keluarga Arman yang datang ke rumah sakit umum Subulussalam.

"Keterangan tersebut dari istri dan anak kandung korban. Dikuatkan juga bahwa jam tangan karet yang digunakan korban adalah hadiah dari anak kandung korban," jelas Qori.

"Setelah proses identifikasi, korban rencananya diserahkan kepada pihak keluarga, dan dibawa ke Kabupaten Aceh Barat," lanjut Qori.

Qori mengatakan jenazah Arman ditemukan setelah tim gabungan melakukan pencarian. Jenazah dievakuasi dengan perahu karet sekitar pukul 13.30 WIB siang tadi dan kemudian diangkat ke darat dari lokasi pemandian Sikelang.

"Jarak dari lokasi penemuan jenazah ke tempat evakuasi darat di Desa Sikelang sekitar 5 kilometer, tapi perlu waktu sekitar 45 menit di sungai karena sungai penuh batu dan jeram," ujar Qori.

Untuk diketahui, ini adalah jenazah kedua yang ditemukan. Sehari sebelumnya, tim gabungan menemukan jenazah perempuan yang diidentifikasi sebagai Khairumi, perempuan asal Aceh Barat.

Sebelumnya, mobil Toyota Innova BL-1547-EF asal Kabupaten Aceh Barat dilaporkan terjun ke jurang di Pakpak Bharat yang berbatasan dengan Kota Subulussalam, Aceh. Penumpang mobil itu dilaporkan hilang.

Dilansir dari Antara, Senin (13/12/2021), mobil itu dilaporkan terjun ke jurang pada Minggu (12/12/2021) pagi. Polisi kemudian turun tangan mencari para penumpang.

"Upaya pencarian penumpang masih terus dilakukan," kata Kapolres Kota Subulussalam Aceh AKBP Qori Wicaksono pada Minggu (12/12/2021) siang.

Dia mengatakan minibus tersebut dilaporkan masuk jurang di kawasan Buluh Didi, Desa Tanjung Mulia, Kecamatan STTU Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Qori mengatakan mobil tersebut melaju dari Kota Subulussalam ke Sumatera Utara. Qori menduga sopir minibus tersebut mengantuk sehingga kendaraannya oleng ke kanan jalan dan terjun ke jurang sedalam kurang-lebih 50 meter.

Di bawah jurang itu, katanya, ada sungai yang mengalir ke Lae Kombih, yang masuk wilayah hukum Polres Kota Subulussalam. Dia mengaku sudah memerintahkan jajarannya berkoordinasi dengan para kepala desa, kepala dusun serta warga di sekitar aliran sungai guna mencari keberadaan korban.

"Di lokasi kejadian ditemukan beberapa bagian dari mobil dan secarik kertas dari perusahaan travel yang menerangkan bahwa mobil tersebut berangkat Alue Bilie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya," katanya.*