TOBA - Empat dari lima kepala desa terpilih dalam pelaksanan Pilkades di Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba yang digelar, Selasa (14/12/2021) dimenangkan pendatang baru.

Pelaksanaan Pilkades untuk pemberian hak pilih yang dimulai pukul 08.00 Wib hingga pukul 13.00 Wib tersebut berjalan aman dan kondusif.

Berdasarkan data hasil pemungutan suara Pilkades serentak yang dihimpun www.gosumut.com di Kecamatan Siantar Narumonda, empat kades pertahana 'tumbang'.

Hasil pilkades di Desa Narumonda II yang diikutu dua kontestan masing-masing Hotbin Marpaung dan Masdulhad Rajagukguk (incumbent). Pertahana hanya mampu meraih 70 suara, sedangkan pendatang baru 91 suara. Dengan suara sah 161 suara, dan tidak memilih (31).

Pilkades Desa Narumonda V diikuti 2 kontestan, Januar Marpaung dan Fernando Marpaung (incumbent). Disini pertaha hanya meraih 225 suara, sedangkan pendatang baru, 255 suara. Sementara suara Sah 480 suara, suara tidak sah (6) dan tidak memilih 143 orang.

Selanjutnya, di Desa Narumonda VIII diikuti 2 kontestan kepala desa masing-masing; Hotler Marpaung (incumbent) dan Ramlan Marpaung. Incumbent berhasil meraih sebanyak 121 suara, sedangkan Ramlan hanya meraih 82 suara. Total surat suara sah (203), tidak sah (4), tidak memilih (15).

Kemudian, di Desa Siantar Sitiotio juga diikuti 2 kontestan, Manluksuk Marpaung (incumbent) dan Aladdin Marpaung. Pertahanya hanya mampu meraih meraih 78 suara sedangkan Aladdin meraih 101 suara. Total suara sah (179), tidak sah (1), tidak memilih (27).

Sementara Desa Siantar Dangsina juga dikuti dua kontestan, Liber Marpaung (incumbent) dan Edison Marpaung. Disini pertahanya juga tumbang dengan perolehan suara hanya meraih 103. Sedangkan Edison unggu dengan 110 suara. Sedangkan surat suara sah (213), suara tidak sah (1), tidak memilih (43) orang.

Camat Siantar Narumonda Evendy Marpaung ST menyampaikan Pilkades di 5 Desa Kecamatan Siantar Narumonda berjalan dengan sukses aman dan tertib.

Suksesnya pelaksanaan Pilkades ini, tidak lepas dari dukungan pengamanan dari jajaran personil Polres Toba berikut jajaran Danramil Porsea, personil Pol PP serta dukungan penuh dari Satgas Covid-19 dari Puskesmas Siantar Narumonda.