PALAS - Sebanyak 80 petugas kebersihan Badan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLHK) Padanglawas menerima penyaluran zakat konsumtif dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).


Pembagian zakat konsumtif tersebut diserahkan Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si, Rabu (8/12/2021) di Aula BLHK Kabupaten Palas.

Plt Bupati drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan, penyaluran zakat ini salah satu bentuk kepedulian Pemkab Palas kepada petugas tim kebersihan.

"Kebijakan tentang aturan zakat profesi khusus bagi ASN di lingkungan pemerintah bertujuan meminimalisir kemiskinan umat dengan memberdayakan zakat profesi," ucapnya.

Menurutnya, pemberdayaan zakat ini hanya dapat dilakukan apabila kesadaran untuk membayar zakat sudah tinggi.

"Pekerjaan petugas kebersihan merupakan tugas mulia yang setiap saat berhadapan dengan sampah, maka penyaluran zakat konsumtif kepada mereka yang membutuhkan," katanya.

Para penerima zakat, lanjutnya, diharapkan ddapat memanfaatkannya dengan baik untuk memenuhui kebutuhan yang bermanfaat.

"Terima kasih kepada pengurus Baznas Palas yang telah mengumpulkan zakat dan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkannya," sebutnya.

Plt Bupati Palas berharap petugas kebersihan diharapkan ada komunitas pencinta sampah dan pencinta lingkungan sehingga akan terbentuk kelompok usaha yang bahan bakunya bersumber dari sampah.

"Dengan adanya kelompok usaha ini nantinya akan menciptakan kemandirian bagi petugas kebersihan yang akhirnya menjadi muzakki atau pemberi zakat," tambahnya.

Sebelumnya Ketua Baznas Kabupaten Palas, H.Abdul Haris menyampaikan, penyaluran zakat konsumtif kali ini diperuntukan kepada 80 petugas kebersihan.

“Hari ini zakat mustahik telah kita salurkan untuk petugas kebersihan. Hal ini juga salah satu program Baznas Palas," katanya.

Turut hadir dalam penyaluran zakat konsumtif, Sekda Arpan Nasution, Kadis Sosial, H.Achmad Fauzan Nasution, Kadis Pemuda dan Olahraga, M.Rasyidi Hasibuan dan Kadis BLHK, Ongku Bosar Daulay.